Saya akan mengawali website Belajar N3 ini dengan sebuah kotowaza di bawah ini sebagai sebuah filosofi. 
学問なき経験経験なき学問にまさる 
 がくもんなきけいけんはけいけんなきがくもんにまさる
yang artinya kurang lebih : 
Pengalaman tanpa teori akan lebih baik dari pada teori tanpa pengalaman
Kotowaza ini saya dapat dari seorang Sensei motivator saya, Burhan Sensei yang telah "menyelamatkan" saya dari keterpurukan akibat hilangnya rasa percaya diri untuk meneruskan belajar bahasa jepang. Awal saya datang ke Jepang ini, bukannya semangat belajar saya bertambah, namun justru semangat belajar yang turun drastis akibat banyaknya fakta yang saya jumpai di Jepang ini, tidak sesuai dengan teori-teori yang saya dengar sebelum datang ke sini. Sehingga pada saat itu, saya hampir memutuskan untuk berhenti mendalami bahasa jepang ini. Alhamdulilah setelah saya membuat Grup Belajar Kanji , saya bertemu banyak orang-orang hebat yang membuat saya semangat untuk belajar lagi. Salah satunya adalah Burhan Sensei yang menjadi salah satu inspirasi saya dalam belajar bahasa jepang.

Sejak saat itulah, hari demi hari saya lalui di Jepang ini dan saya mencoba untuk melakukan banyak hal. Dari hal-hal itulah, saya belajar sehingga saya bisa meningkatkan kemampuan bahasa Jepang saya. Dan alhamdulilah pada Desember tahun 2015 saya lulus JLPT N2.

(Baca juga artikel SEBELUM BELAJAR PELAJARI HAL-HAL INI)

Dari pengalaman inilah, saya mencoba untuk berbagi ilmu. Barang kali bisa bermanfaat untuk saya pribadi, untuk anda dan untuk kita semua.


Website ini, tidak hanya fokus pada materi JLPT N3. Akan tetapi akan saya sampaikan juga tentang struktur soal JLPT N3 dengan kiat-kiat mengerjakan soal JLPT N3 sesuai dengan pengalaman yang saya lakukan.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa LIKE dan SUBSCRIBE Channel Kelas Jepang klik www.youtube.com/kelasjepang dan kunjungi website belajar JLPT N3 klik www.ayobelajar-jlptn3.com

Buat Mina san yang mau belajar JLPT N3 konsultasi GRATIS hubungi admin.

WA087835554111
email: surametoriyadi@gmail.com

#jlpt #jlptn3 #jlptn2 #jlptn1 #jlptn4 #jlptn5 #belajarjlptn3 #belajarjlptn2 #belajarjlptn4 #belajarjlptn5 #belajarbahasajepang #belajarbahasajepangdasar #belajarbahasajepangpemula #bahasajepangpemula #bahasajepangseharihari #bahasajepangjlpt #jftbasic #belajarmaterijft #belajarbahasajepangmudah #caramudahmenghafalkanji #caramudahmenghafalkosakata #caramudahmenghafalbunpo #caramudahmenghafalkosakatan3 #caramudahmenghafalpolakalimat #bahasajepangdasar