Referensi Buku N3

Buku adalah sebuah media dimana ilmu dikemas supaya bisa bertahan lama dan bisa disampaikan kepada orang lain. Pada dasarnya semua buku itu baik. Hanya saja pengarang/penyusun dari buku tersebut mempunyai "cara" masing-masing dalam menyampaikan materi

Karena hal inilah, memilih buku juga penting. Berikut ini beberapa referensi buku yang bisa saya sarankan untuk belajar JLPT N3. 

1. 日本語総まとめ N3

Buku ini tersedia satu set (語彙(ごい)、文法(ぶんぽう)、漢字(かんじ)、聴解(ちょうかい)、読解(どっかい)).  Saya menggunakan buku ini, saat saya menempuh ujian Noken N3 sekitar 3 tahun yang lalu. Keunggulan dari buku ini adalah adanya sedikit ilustrasi gambar di setiap babnya. Sehingga membuat kita tidak merasa jenuh dengan materi yang begitu banyak.

Akan tetapi, karena buku ini diterbitkan di Jepang, jadi terjemahan yang disajikan hanya bahasa inggris, China dan Korea. Meskipun demikian, dengan kekurangan ini lah kita lebih banyak mendapat keuntungan. Yakni kita akan disibukkan untuk membuka kamus untuk mencari maknanya. Dengan membuka kamus, itu berarti kita membaca kosakata yang ingin kita hafal itu minimal 2 kali. Dan jika hal ini kita ulang terus menerus maka pengulangan tersebut akan memerintah otak untuk menyimpan memori tersebut lebih lama.

Selain itu, setelah materi disampaikan, ada latihan soal ringan di setiap babnya. Penggunaan kosakata bisa kita pahami pada contoh kalimat pendek. Pemahaman kosakata akan lebih efektif dengan contoh kalimat singkat dibandingkan harus dijelaskan
dengan detail.

(Baca juga artikel : Sekilas Mengenai JLPT )

2. 日本語能力試験(公式問題集) N3

Buku ini khusus dirancang untuk latihan mengerjakan soal Noken N3. Tersedia untuk semua level N1-N5. Di dalam buku ini hanya berisi soal latihan saja. Tidak ada materi atau pola kalimat. Tapi keunggulan dari buku ini, kita bisa tahu struktur soal Noken yang sesungguhnya. Sehingga kita bisa belajar bagaimana "cara" mengerjakan soal yang yang akan kita temui dalam ujian JLPT N3 yang sebenarnya. Ada juga penjelasan mengenai serba-serbi ujian JLPT, mulai dari sejarah sampai cara penilaian.

Dari buku ini saya menemukan "trik" khusus dalam mengerjakan soal noken. Jadi nanti selain membahas materi, insyaallah saya juga akan membahas cara mengerjakan soal Noken yang saya adaptasi dari buku ini.

Sekian referensi buku untuk belajar JLPT N3 yang bisa saya sampaikan. Semoga kita bisa benar-benar memanfaatkan buku-buku ini dengan baik.

Sebelum memulai belajar silahkan baca artikel: Sebelum Belajar Belajar Silakan Hal ini

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts