Sebelum Belajar, Pelajari "Hal" ini

Salah satu prinsip saya dalam belajar adalah membuat belajar itu terasa lebih menyenangkan. Banyak dari kita yang selalu beranggapan bahwa belajar adalah suatu beban, yang akhirnya membuat kita merasa stres dan frustasi. Apalagi ketika kita tidak bisa mencapai pada satu titik tertentu sebagai hasil dari proses belajar tersebut. Namun jika kita bisa menghilangkan mindset tersebut, saya yakin kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri dari "proses" belajar yang kita lakukan.
Saya termasuk tipe orang yang cenderung suka dengan proses daripada hasil. Saya senang dengan apa yang saya lakukan. Paling tidak, saya harus merasa senang supaya dalam proses mencapai hasil tersebut, semua bisa berjalan dengan baik. Hasil hanyalah satu titik tertentu sebagai "batu loncatan" untuk mencapai titik lain yang lebih tinggi lagi. Itulah yang dinamakan target.

Lalu bagaimana bisa suatu target bisa kita capai, jika "usaha" yang kita lakukan tidak maksimal? Maksimal atau tidaknya bisa tergantung pada kesungguhan kita. Jika kita "malas" karena merasa belajar itu berat, pastilah usaha yang kita lakukan menjadi kurang maksimal dan pasti hasilnya pun tidak sesuai dengan yang diharapkan. Lalu, bagaimana jika kita merasa senang dengan apa yang kita lakukan? Secara tidak langsung kita akan merasa ikhlas dengan apa yang kita lakukan. Sehingga disaat kita gagal, kita tidak akan merasa frustasi tapi justru terpacu dan akan lebih giat lagi untuk belajar.

( Baca juga artikel : Referensi Buku N3 )

Tidak hanya dalam belajar, dalam mengajarpun saya mempunyai satu prinsip yang berbeda. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat mengajar kita harus mempunyai satu ilmu yang bisa dikatakan "mumpuni" atau pantas untuk disampaikan. Dan saya akui, saya bukan termasuk orang yang menguasai bahasa Jepang dengan baik. Masih banyak hal yang tidak saya ketahui di dalam bahasa jepang. Bahkan kemampuan verbal saya masih biasa-biasa saja. Tidak seperti seorang interpreter yang profesional atau tidak terlihat seperti orang-orang yang ahli di bidang bahasa Jepang lainnya. Namun ada satu hal yang mungkin saja mereka tidak punya untuk mengajarkan bahasa Jepang kepada orang lain. Yaitu "CARA".

Belum tentu orang yang ahli dalam bahasa jepang tahu bagaimana cara mengajar dengan baik, supaya orang lain bisa memahami apa yang disampaikan. Belum tentu juga yang diajari akan cepat menangkap pelajaran dari orang yang ahli di bidang bahasa jika mereka (orang yang ahli bahasa) tidak tahu cara mengajar.

Saya lebih suka mengajarkan hal-hal yang saya alami sendiri. Saya suka mengamati dan menganalisa dari apa yang saya lihat. Meskipun belum tentu saya menguasai semua materi, tapi saya harus bisa mengajarkan anda bagaimana supaya anda menemukan cara belajar anda sendiri. Dari "pengalaman" saya inilah, saya berharap anda bisa menemukan jalan anda sendiri dan semoga anda semakin mudah dalam mempelajari bahasa jepang sehingga target anda cepat terwujud. 

Jadi, find your way ! Temukan jalan anda sendiri !

Ubah mindset anda, ubah cara belajar anda. Jadikan belajar bahasa jepang ini menjadi  hal yang menyenangkan bagi anda.

Dan jika anda terapkan dalam segala bidang di dalam hidup anda, saya yakin anda hidup anda akan diliputi kebahagiaan.

Selamat belajar.

(Untuk referensi buku yang dipakai dalam website ini silakan baca di artikel berikut : Referensi Buku N3 )

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts