Contoh Soal JLPT N3 問題 1(1.1)


Mari kita mulai dari 問題 1 (8点/8 soal)

Pada mondai satu ini, kemampuan yang di ujikan adalah kemampuan membaca kanji (漢字読み). Dengan mengetahui target test pada mondai ini, kita harus bisa menggunakan cara yang efisien saat mengerjakan soal. Jika kita menguasai kanji dengan baik, 8 soal pada mondai ini bisa saja kita kerjakan hanya dalam waktu satu menit, atau bahkan lebih cepat.

Keyword: 漢字読み

Yang berarti bahwa soal pada mondai 1 ini, yang ditanyakan adalah 読み方 atau cara baca dari sebuah kanji. Di dalam soal, kanji yang ditanyakan akan digaris-bawahi, lalu kita harus memilih jawaban yang tepat untuk yomikata dari kanji tersebut. Setiap soal akan saya jelaskan cara menjawab satu persatu dalam postingan. Pada bagian akhir akan saya berikan contoh lain yang menggunakan kanji yang sama seperti pada contoh soal JLPT N3 ini.

⓵.日本の首都はどこですか。

1.しゅとう  2.しゅうと  3.しゅと  4.しゅうとう

PERTAMA yang harus anda perhatikan adalah keyword diatas. 漢字読み. Karena yang ditanyakan adalah kanji yang di garis bawahi, maka anda tidak perlu membaca soalnya atau membaca kalimat tersebut sampai habis. Fokuslah pada kanji yang digaris bawahi saja. Pada soal-soal Mondai 1 ini biasanya kalimat soal tidak banyak mempengaruhi jawaban, dalam artian bahwa jawabannya hanya ada satu yang benar. Kecuali ada kanji yang mempunyai yomikata banyak dan semua dimunculkan pada pilihan jawaban. Jika anda menemukan hal ini, bacalah soalnya, karena jawaban yang tepat harus sesuai konteks pada kalimat soal tersebut. Misalnya pada kanji 拍手 ada cara baca はくしゅ(Tepuk tangan biasa) dan  かしわで(Tepuk tangan saat Berdoa di kuil). Jika ada ditemukan 2 jawaban yang sama benarnya maka anda harus membaca soalnya. Dengan mengetaui konteks soal, maka baru anda bisa memilih jawaban yang benar.

Namun hal ini jarang terjadi pada mondai ini dalam ujian JLPT N3. Jadi jika anda mengerjakan soal seperti nomor 1 diatas, fokuslah pada kanji 首都 dan huruf yang lain abaikan.

Lalu biasanya jawaban yang mengecoh adalah panjang pendeknya bunyi seperti soal nomor 1 diatas. Untuk menghindari kesalahan, baca dengan teliti sebelum anda putuskan memilih jawaban. Mungkin anda tahu kanji tersebut bunyinya SHUTO jika anda ucapkan saat berkaiwa. Namun saat menjawab soal tertulis semacam ini, panjang pendek bisa jadi akan membuat anda bingung mana bunyi yang tepat, panjang atau pendek . Karena itulah hal ini sering menjadi penyebab anda salah memilih. Terutama saat terburu-buru atau anda terlalu percaya diri .

Pada soal nomor 1 & 2 diatas, saya menyebutnya dengan soal 50:50. Dengan syarat kita tahu salah satu yomikata dari satu kanji. Misalnya: Jika kita yakin bahwa kanji 首 mempunyai yomikata しゅ maka dari keempat pilihan jawaban tersebut yang mempunyai yomikata しゅ hanya 2, yakni 1. しゅとう atau 3. しゅと. Jadi dari prosentase peluang 25% bisa menjadi 50% jika kita yakin dengan salah satu yomikata. Cara eliminasi semacam ini memperbesar peluang benar. Namun hindari untuk berfikir terlalu lama jika memang anda tidak tahu atau ragu bunyi kanji yang satunya lagi. Saran saya pilihlah salah satu tanpa ragu.

Yang perlu diingat, dalam mengingat yomikata satu kanji adalah  jangan menghafalnya secara terpisah . Terutama pada kanji yang mempunyai dua yomikata atau lebih. Misalnya pada kanji 手 yomikatanya ada て・しゅ yang bisa dilihat dari kata 手紙(てがみ)運転手(うんてんしゅ). Cara saya mengajarkan kanji, saya tidak akan fokus pada onyomi dan kunyomi. Tapi saya akan memfokuskan dengan menghafal berdasarkan kosakata. Jadi jika belajar yomikata, jangan terpaku ini kunyomi atau ini onyomi saja. Dalam test JLPT N3 hal itu tidak mungkin akan ditanyakan. Yang ditanyakan pastilah yomikata dari sebuah kosakata. Jadi jika anda belajar JLPT abaikan teori ON / KUN. Intinya anda harus bisa membaca yomikata dari sebuah kosakata, bukan menebak KUN atau ON.

Kosakata yang biasa kita temui dari kanji diatas:

手首(てくび) Pergelangan tangan
足首(あしくび) Pergelangan kaki
都(みやこ) Kota
京都(きょうと) Kyoto
都会(とかい) Kota

⓶.地球は太陽のまわりを回っている。

1.じきゅう   2.ちきゅう   3.じきゅ   4.ちきゅ

Soal nomor 2 ini memunculkan bunyi yang mirip antara じ dan ち . Jadi untuk menghindari kekeliruan menebak bunyi yang mirip, sekali lagi jangan anda ingat bunyi dari ON atau KUN nya tapi ingatlah bunyi kosakatanya. Misalnya dari soal diatas, kanji 地 hafalkan dengan bunyi dari kosakata berikut:

地球(ちきゅう)Bumi
地面(じめん)Permukaan Tanah
地下鉄(ちかてつ)Kereta Bawah tanah
土地(とち)Tanah

Kanji yang mirip dengan 地 adalah  他(ほか)artinya Yang lainnya. 他の人(ほかのひと)Orang lain、 他社(たしゃ)Perusahaan yang lain. Kanji yang mirip ini biasa muncul pada Mondai 2.

Jadi antara  じ Dan ち anda tidak perlu bingung. Tapi yang jadi permasalahannya justru pada bunyi kanji 球 anda putuskan panjang atau pendek. Kalau saya menghafal bunyi ini dari kata 地球(ちきゅう)jadi saya akan terus ingat kanji ini bacanya panjang. 

Kesimpulannya:

1. Pada soal model ini (Mondai 1) jangan membaca soal sampai selesai. Hanya akan buang waktu anda.
2. Jangan menghafal bunyi kanji berdasar kan ON/KUN, tapi hafalkan bunyi dengan kosakata.
3. Ujian JLPT bukanlah ujian untuk mengukur kemampuan menerjemahkan jadi abaikan arti dalam bahasa Indonesia.
4. Perhatikan bunyi kanji panjang dan pendek.
5. Perhatikan bunyi kanji yang mempunyai banyak bunyi.

Sekian semoga bisa dipahami.
Pertanyaan dan masukan silahkan tulis pada kolom komentar.

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

2 comments

comments
September 17, 2017 at 10:06 PM delete

Cara belajar kanji yang efektif itu gimana caranya ? Ketika kanji satu bertemu kanji lain

Reply
avatar
September 29, 2017 at 9:10 AM delete

salah satu car aefektifnya adalah hafalkan kosakatanya....

Reply
avatar

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts