Kosakata N3 第1週 1.2. Mengenal Alat-alat dan Perkakas Rumah Tangga 2


Setelah bermain di dapur mari menuju Ruang Santai 居間(いま). Masih ada beberapa kosakata menggunakan katakana. Sekali lagi jika anda bisa memahami bahasa asal dari kata serapan tersebut maka anda akan lebih mudah memahaminya.

Tabel dibawah ini beberapa kosakata yang biasa dijumpai di ruang santai atau ruang tamu.
  リビング・居間(いま)
Living Room 
 エアコン
Airconditioner (AC)
  ヒーター
Heater 
 コード
Cord 
 コンセント ヒーター
Concentric 
 (まど)ガラス
Jendela Kaca
 雨戸(あまど)
Pintu pencegah hujan 
 網戸(あみど)
Pintu Jaring (Mencegah serangga masuk pada musim panas) 
  じゅうたん
 Karpet (Berbeda dengan 畳(たたみ)Tatami terbuat dari rumput jenis Tertentu) 
 床(ゆか)
Lantai 
 天井(てんじょう)
Langit-langit rumah 
Untuk lebih mudah menghafalnya silakan lihat gambar berikut sebagai referensi makna kosakata diatas.


Pada gambar diatas bisa kita lihat ada 3 jenis pintu. Pada bagian paling luar ada pintu penghalang hujan atau 雨戸. Kemudian lapis kedua ada pintu penghalang serangga yang memang terbuat dari jaring 網(あみ)sehingga dinamakan 網戸(あみど)atau Pintu jaring. Dan pada bagian paling dalam ada 窓ガラス yang terbuat dari kaca. Biasanya jika pada musim panas dan cuaca cerah 雨戸 bisa disimpan di bagian samping pintu sehingga pemandangan diluar bisa dilihat dengan jelas.

天井

Mungkin sedikit aneh kenapa langit-langit rumah menggunakan kanji 井(い)yang berarti sumur. Jika kita perhatikan pada ruangan gaya jaman dulu seperti (search google: 天井), maka bisa dilihat langit-langit pada ruangan tersebut berbentuk kotak-kotak yang dibentuk dari susunan kayu. Bentuk inilah yang menyerupai sumur pada jaman dulu. Sumur jaman dulu bagian permukaannya biasanya beri pembatas antara mulut sumur dengan orang yang akan menimba air supaya tidak tercebur. Sumur jaman dahulu mulut pembatas ini berbentuk kotak. 



Kanji ini saya hafal dengan melihat karakter pohon 木 yang ada didalam bushunya. Saya mengingatnya bahwa lantai rumah di kebanyakan rumah di jepang terbuat dari kayu. Bahkan hampir 90 persen bagian rumah di jepang terbuat dari kayu. Untuk beberapa ruang tertentu yang menggunakan gaya jepang, biasanya khusus digunakan tatami. Misalnya ruangan untuk acara minum teh atau sekedar untuk menjamu tamu dengan gaya jepang.

Saat ini tempat tinggal di jepang semakin mahal. Terutama di bagian kota yang padat penduduk. Akan jarang sekali mendapat tempat tinggal yang berukuran luas. Rata-rata tempat tinggal murah seperti apato, terkadang dapur, ruang tidur dan ruang santai menjadi satu. Hanya kamar mandi dan toilet yang terpisah. Itu juga terkadang setelah pintu masuk, pas kita jumpai ruang toilet. Ini untuk efisiensi ruangan yang sempit.

Akan tetapi untuk daerah yang masih kampung seperti tempat tinggal saya sekarang ini, rumah yang berdiri sendiri atau disebut 一戸建て (いっこだて)mempunyai luas ruangan yang cukup nyaman untuk ditempati. Namun ada kendala tersendiri ketika musim panas, karena letaknya yang dekat dengan area persawahan, banyak sekali serangga yang masuk dan lumayan membuat terganggu.

Sekian semoga penjelasan diatas bisa membantu memahami kosakata pada JLPT N3.

Selamat belajar!

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts