Penyampaian Materi Belajar JLPT N3

Melalui website ini, saya berusaha untuk menyampaikan cara belajar yang lebih efisien dengan metode yang saya lakukan selama ini. Saya tidak akan menjelaskan terlalu mendetail mengenai materi, akan tetapi saya akan lebih fokus pada cara memahaminya. Lalu ketika anda sudah terbiasa dengan cara ini, diharapkan anda bisa belajar sendiri dengan buku anda. 

Berikut ini ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan melalui website ini.

1. KOSAKATA

Dalam website ini, saya akan lebih banyak menyampaikan kosakata atau kotoba. Terutama kosakata yang biasa saya jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kelemahan pembelajar yang berada di luar jepang, adalah ketidaktahuan aplikasi kata atau gambaran yang sesungguhnya mengenai kata yang sedang di pelajari. Sehingga akan sering mengalami kesulitan untuk menghafalnya.


Oleh karena itu, dalam website ini akan saya jelaskan sedikit mengenai kosakata JLPT N3 dengan sedikit pengalaman yang pernah saya alami selama tinggal di jepang. Seandainya saya tidak pernah mengalaminya, saya akan mencari berbagai sumber sehingga para pembaca lebih mudah memahaminya.

Selain itu, saya juga akan menggunakan pendekatan imajinasi yang biasa saya gunakan saat menghafal kosakata. Terutama kosakata yang menggunakan kanji. Dengan cara ini, pembaca akan semakin terbiasa dan pada akhirnya akan bisa menggunakan cara mereka sendiri saat mempelajari kosakata tertentu. 

Mempelajari kosakata, harus diiringi dengan menghafal kanji. Dalam website ini juga akan saya berikan cara-cara menghafal kanji dengan mudah.

2. TATA BAHASA

Meskipun sejujurnya saya tidak begitu paham mengenai tata bahasa jepang atau 文法(ぶんぽう) namun dalam website ini, untuk melengkapi pembelajaran kita maka saya juga akan berusaha menjelaskan tata bahasa atau pola kalimat yang harus dikuasai dalam ujian JLPT N3. Dalam belajar pola kalimat bahasa jepang ini, saya akan berusaha mengajak pembaca untuk memahaminya dengan logika. Banyak pola kalimat yang tidak bisa disepadankan dengan pola kalimat dalam bahasa indonesia. Sehingga pendekatan logika sangat dibutuhkan dalam mempelajari pola kalimat N3 ini.

Pola kalimat pada level sebelumnya (N5&N4) diharapkan dikuasai terlebih dahulu. Karena dalam pola kalimat N3 ini akan ada bentuk-bentuk yang berasal dari pola kalimat yang sederhana. Sehingga jika pembaca sudah menguasai tata bahasa pada level sebelumnya, maka pada level ini tidak akan banyak menemukan kesulita.

3. STRUKTUR SOAL JLPT

Materi ini yang sangat jarang dibahas di website manapun. Padahal sebagian besar buku-buku panduan JLPT lebih banyak membahas mengenai Soal latihan dan pembahasan. Tujuannya adalah supaya pembaca lebih mengenal "struktur" atau model soal yang nantinya akan keluar di dalam ujian noken. Dengan mengetahui struktur soal yang akan keluar pada ujian noken ini, pembaca bisa mengukur dan mempersiapkan langkah apa saja yang harus dilakukan saat mengerjakan soal JLPT N3. Karena bagaimanapun selain mengerjakan soal, kita juga dituntut untuk cepat, sehingga waktu juga sangat penting untuk diperhatikan saat mengerjakan soal. Membawa timer atau arloji sangat saya sarankan saat mengerjakan ujian. 

4. TIPS DAN TRIK

Selain materi saya juga akan menyampaikan banyak tips dan trik seputar belajar bahasa jepang. Materi masih bisa anda baca dari buku-buku. Namun Tips dan trik dalam belajar bahasa jepang, hanya bisa anda dapatkan dari pengalaman. Bukan berarti cara atau metode yang saya sampaikan nantinya adalah yang terbaik. Akan tetapi saya harap bisa anda gunakan sebagai referensi atau masukan untuk memperbaiki cara anda belajar.

Semoga konten Website ini benar-benar bisa bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih.

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

1 comments:

comments

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts