Aplikasi Kamus Bahasa Jepang-Indonesia

Mempunyai kamus adalah salah satu syarat mutlak supaya proses belajar bahasa jepang anda bisa berjalan dengan baik. Paling tidak seperti kamus umum bahasa Jepang-Indonesia dan kamus Kanji sebaiknya anda miliki. Begitulah yang saya lakukan saat pertama berniat belajar bahasa jepang. Saya membeli kamus bahasa jepang pertama saya di sebuah toko buku di Mall Cikarang. Meskipun saat itu saya baru mulai belajar bahasa jepang secara otodidak dengan membaca sebuah kopian materi bahasa jepang (belajar hiragana dan katakana) milik teman saya yang dia dapat dari sebuah LPK bahasa jepang. Namun ternyata dari sebuah kopian tersebut awal langkah saya sampai bisa ke jepang seperti saat ini.

Memiliki kamus memang sangat penting. Sudah beberapa kali saya gonta-ganti kamus (sebagai pegangan), dan saat ini dua kamus andalan saya yakni Kamus Saku Gakushudo dan Kamus Kanji Nelson. Meskipun gadget seperti smartphone sudah canggih bisa digunakan sebagai kamus, namun saya masih setia menggunakan kamus tersebut untuk keperluan saya belajar.

Bagi anda yang suka dengan kepraktisan, berikut ini saya rekomendasikan beberapa aplikasi kamus bahasa Jepang yang bisa anda download di handphone anda.

1. Kamus Jepang - Indonesia (PT APPKEY)

Aplikasi kamus ini lumayan digemari oleh pembelajar bahasa jepang di dunia. Kamus bahasa Jepang - Indonesia ini disediakan oleh google play secara gratis. Terdiri dari hampir 100.000 kosakata Jepang- Indonesia serta dapat melakukan pencarian kata dengan mudah.


2. Kamus Jepang - Indonesia ( Think Digital )

Kamus bahasa jepang-Indonesia ini disediakan pula secara offline. Selain menyediakan penerjemahan kata dari bahas jepang ke indonesia, kamus ini juga terdapat fitur text to speech sehingga sangat bermanfaat bagi para pembelajar bahasa jepang maupun expat yang tinggal di indonesia.

Fitur-fitur yang disediakan pada kamus ini meliputi:

- Kamus offline
-Terjemahan kata secara online jika kata yang dicari tidak ditemukan
-Lafal kata atau text to speech
-Kata favorit dengan sinkronisasi saat log in.

3. Imiwa? ( Iphone app )
Termasuk aplikasi kamus paling lengkap dengan kanji stroke dan bushu yang bisa anda dapatkan di Iphone anda. Hanya saja bukan terjemahan bahasa Indonesia tapi bahasa inggris. Selain itu hanya bisa didapat di app store. Aplikasi google play tidak menyediakan kamus ini.




4. JED Japanese Dictionary ( Attila Korompai )
Sebagai ganti imiwa pada gadged android anda bisa download aplikasi kamus ini di google play.
5. Google Translate ( Google )
Sudah tidak asing lagi aplikasi yang satu ini translate tool multi bahasa yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang belajar bahasa jepang anda. Namun sebaiknya hanya anda gunakan untuk kebutuhan yang mendesak. Pada dasarnya, tidak semua bahasa bisa diolah dengan mesin. 


Sekian bagi yang sudah menggunakan aplikasi yang tidak disebutkan mohon dishare di kolom komentar.

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts