Sekilas Mengenai Belajar Bunpo N3

Sebenarnya saya tidak begitu menguasai Bunpo atau tatabahasa dalam JLPT N3. Namun untuk melengkapi pembelajaran kita dalam website ini, saya akan berusaha menjelaskan dengan bahasa saya yang lebih sederhana sehingga lebih mudah dipahami.

Bunpo dalam praktek penggunaan sehari-hari (sesuai pengalaman saya di jepang), terkadang sangat jarang bisa terlontar dengan baik saat kita ber-kaiwa. Bahkan dengan bunpo yang acak-acakan sekalipun, orang jepang juga akan paham dengan apa yang kita bicarakan. Asalkan kosakata yang kita kuasai lebih bervariasi. Karena jika kita menghadapi kehidupan jepang yang sebenarnya dan kita tidak menguasai kosakata, kita sama sekali tidak akan bisa menangkap pembicaraan yang sedang berlangsung.

Pada dasarnya, tata bahasa yang dipelajari dalam JLPT N3 ini sudah cukup untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari di jepang. Asalkan benar-benar memahami dan menguasai sekitar 90% materinya. Ditambah dengan penguasaan kosakata yang baik, akan sangat membantu jika anda ingin masuk ke jepang.

Saya masuk ke jepang hanya dengan bermodalkan kemampuan N3 serta hanya menguasai kanji level menengah. Selainitu, saya tidak mempunyai kemampuan kaiwa yang baik. Namun saya sangat terbantu dengan kemampuan kanji yang saya miliki. Sehingga, meskipun kemampuan kaiwa saya masih sangat jauh dari rata-rata, saya masih bisa memahami sedikit bahasa tulis.

Dalam website ini, saya akan mencoba menjelaskan bunpo-bunpo dalam JLPN N3. Mungkin saya tidak bisa menjelaskan secara terperinci dengan teori tata bahasa N3 tingkat tinggi, tapi saya akan berusaha dengan bahasa yang lebih mudah sehingga bisa lebih cepat dipahami. Dan yang perlu diingat , bahwa kita sedang belajar untuk menghadapi ujian JLPT N3, sehingga ada beberapa hal yang saya rasa tidak perlu untuk lebih jauh membahasnya. Saya cenderung lebih mementingkan cara praktis memahami bunpo tanpa menjelaskan dengan bahasa yang berbelit.

Jika dalam Kanji atau kosakata kita membutuhkan imajinasi, dalam belajar Bunpou kita akan lebih sering menggunakan LOGIKA. Dan dalam belajar bunpo ini, kemampuan memahami bahasa indonesia juga akan sangat berpengaruh. Karena pada dasarnya kita hanya tahu bahasa pembandingnya yakni bahasa ibu kita yakni bahasa indonesia. Akan ada banyak pola-pola yang mungkin akan sangat susah memahaminya dalam bahasa indonesia. 

Sekian pendahuluan mengenai pembelajaran bunpo ini saya sampaikan. Semoga materi yang akan saya sampaikan nanti akan lebih mudah dipahami.

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts