Contoh Soal JLPT N3 問題 2 (2.1)


Mari kita bahas soal JLPT N3 pada 問題 2.

Mondai 2 dalam ujian JLPT N3 , soal yang ditanyakan ditulis dengan hiragana lalu kita harus mencari kanji yang tepat untuk kosakata tersebut. Mondai 2 ini tingkat kesulitannya lebih susah dibandingkan Mondai 1. Selain itu ada beberapa soal yang biasanya harus membaca soalnya sehingga akan lebih jelas kosakata yang dimaksud dan kanji mana yang paling tepat digunakan. 
⓽.みんなで話し合って、問題をかいけつした。

1.改決   2.改結   3.解決   4.解結

Seperti bisa kita lihat pada soal nomor 9. Soal ini tergolong susah. Jawaban dikecohkan dengan bunyi Onyomi yang semua jawaban sesuai dengan kata yang digarisbawahi. Namun kita harus menebak kanji manakah yang paling tepat untuk digunakan pada kosakata pada soalnya. Pada kasus ini bacalah soalnya supaya lebih jelas kata yang ditanyakan. 

Perhatikan kanji berikut ini:

解 dan    改 mempunyai bunyi Onyomi yang sama yaitu かい

結 dan 決 juga mempunyai bunyi Onyomi yang sama yaitu けつ

Sehingga pada soal ini , jika kita mempelajari kanji hanya dengan menghafal On Kun maka akan mudah terkecoh dengan model soal yang seperti ini. Dari keempat jawaban tersebut mempunyai bunyi yang sama yakni かいけつ. Namun hanya ada satu yang benar yang sesuai dengan kalimat soal. Meskipun sebenarnya dari kata     問題を~した   kita bisa menganalisa kosakata yang dimaksud tapi jika kita lupa kanjinya, maka biasanya jurus terakhir adalah menebak Onyominya dan ini bisa menjebak saat menemukan soal seperti ini.

Kosakata yang yang bisa dirangkai dari kanji-kanji pada soal nomor 9 :

婚(けっこん)Menikah
論(けつろん)Kesimpulan
善(かいぜん)Perbaikan
札口(かいさつぐち)Pintu loket 
(りょうかい)Paham/Mengerti
果(けっか)Hasil
定(けってい)Memutuskan
(ちょうかい)Listening

⓾.山口さんに東京をあんないしてもらった。

1.安内   2.家内   3.室内   4.案内

Lalu pada soal nomor 10, keempat jawabannya kanji keduanya dibuat sama. Kita tinggal menentukan kanji pertamanya. Jika diperhatikan, keempat jawaban tersebut memakai bushu yang sama untuk mengecoh bentuk. Jawaban 1 dan 4 mempunyai bentuk yang mirip dengan bunyi yang sama yakni  安&案 yang mempunyai bunyi Onyomi  あん. Lalu jawaban 2 dan 3 mengecoh dengan kosakata yang lebih familiar  室内 (Dalam ruangan) & 家内 (Istri). Bushu yang dipakai untuk mengecoh adalah karakter atas yang seperti topi. Perhatikan lagi jika di jajarkan akan seperti dibawah ini:

安  案  家  室  >> Bentuk paling atas (bushu) nya sama kan?

Kosakata yang bisa dibuat dari kanji-kanji pada soal nomor 10 sebagai berikut :

全(あんぜん)Keamanan/Keselamatan
定(あんてい)Seimbang
心(あんしん)Tidak khawatir
外(あんがい)Diluar dugaan
(ていあん)Pendapat
庭(かてい)Rumah tangga
事(かじ)Pekerjaan rumah
(きょうしつ)Ruang kelas

Sekian semoga bisa lebih memahami struktur soal dalam JLPT N3.

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts