Contoh Soal JLPT N3 問題 2 (2.3)


⑬.頭がいたいので、薬を飲んだ。

1.病い    2.痛い    3.疫い    4.症い

Tipe soal nomor 13 ini bisa dibilang cukup susah. Dengan pilihan jawaban yang hampir mirip, dengan kesamaan pada bushunya, bisa membuat mata salah menerkanya jika kita mengerjakannya dengan terburu-buru. Terutama untuk pilihan nomor 1 dan 2. Bentuk karakter di dalamnya jika dilihat sekilas akan tampak sama. Selain itu biasanya akan terkecoh juga dengan kata 病院(びょういん). Sehingga kanji いたい akan sekilas teringat dengan kanji yang terdapat pada kata びょういん. Lalu ada kemungkinan juga pada soal lain, kanji 痛 akan dikecohkan dengan bentuk bushu yang mirip seperti pada kanji 渡 . Jika dilihat sekilas maka bushu kanji 痛 dan  渡  terlihat mirip hanya berbeda pada dua titik air dan tiga titik air. Akan tetapi jika kita cek di dalam kamus kanji, maka tidaklah demikian. Kedua kanji tersebut mempunyai bushu yang berlainan. 

Kanji 痛 mempunyai bushu YAMAIdare atau dijuluki bushu sakit.

kanji 渡 mempunyai bushu SANSUI atau tiga titik air.

Saya juga sempat berpikir dua kanji diatas hanya berbeda pada dua titik air dan tiga titik air saja. Namun ternyata memang mempunyai bushu yang berbeda. 

Kanji yang mempunyai bushu yang sama dengan kanji 痛 bisa dilihat di bawah ini :

病、症、癌、疫 dll

Beberapa contoh kosakata yang lainnya:

頭痛(ずつう)Sakit kepala
痛み止め(いたみどめ)Obat bius

⑭.このシャツは工場で たいりょうに作られている。

1.多量    2.多料    3.大量    4.大料

Soal nomor 14 kita diminta untuk menebak kanji dengan yomikata たいりょう. 

Pada pilihan jawaban, ada 4 kanji yang dibuat saling berpasangan. Kanji 多 dan 大 hampir mirip onyominya dan memang bisa membuat pembaca salah paham dengan miripnya bunyi ini. Kanji 量 dan 料 mempunyai onyomi yang sama yakni りょう sehingga kita harus memilih mana yang tepat. Didalam soalnya, karena yang dimaksud adalah jumlah maka akan lebih tepat jika kita memilih kanji keduanya adalah 量. Nah selanjutnya memilih kanji pertamanya. 

Memang jika kita tidak tahu kosakata yang tepat dengan pasti, biasanya kita hanya akan menebak-nebak saja. Jika saya mengerjakan soal tersebut, saya akan cenderung menganalisis dari maknanya. Seperti pada kanji keduanya saya akan memilih kanji 量 karena mengandung makna jumlah sedangkan kanji 料 mempunyai makna bahan. Lalu untuk kanji pertamanya , karena soal yang ditanyakan adalah jumlah yang banyak/besar , sehingga untuk mengecohnya didalam pilihan jawaban dimunculkan dua kanji tersebut 多(Banyak)大(Besar). Tapi dari onyominya saja bisa kita tebak dengan mudah kanji yang tepat untuk soal nomor 14 ini.

Kosakata lain yang sering kita jumpai :

量る(はかる) Mengukur (berat)/ menimbang
多少(たしょう) Sedikit banyak

Sekian penjelasan yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa membantu memahami struktur soal pada ujian JLPT N3.

Selamat belajar.

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts