Kloter terakhir pada pembahasan hari ke-3 minggu pertama.

味見をする・味を見る

味見(あじみ) dalam kamus bahasa jepang dijelaskan sebagai 飲食物(いんしょくぶつ)の味加減を調べること。 Atau bahas mudahnya mencicipi makanan/minuman. Kanji 見る jangan diimajinasikan dengan melihat. Tapi coba ingat kembali pada pola kalimat ~てみる yang berarti mencoba me~ . Sehingga jika melihat kalimat di atas 味を見る bisa diartikan mencoba rasanya. Saya sedikit bingung saat saya baru masuk ke jepang mendengar kata ~てみる ini. Saat orang jepang bilang `cobain!` biasanya mereka bukan bilang やってみてください! tapi hanya bilang やってみ!Tapi ini artinya sama. Mungkin karena bahasa slang saja.

味が濃い・味が薄い

Mungkin bagi anda dua kata diatas sangat mudah menghafalnya. Kata 濃い(こい)kental dan 薄い(うすい)encer/tipis. Saya dulu sering bingung dengan kanjinya. Sama-sama rumitnya, sama-sama ada unsur airnya. Dan terkadang saya terbalik. Karena okurigananya juga sama hanya huruf い saja. Akhirnya saya amati lagi untuk membedakan dua kata ini. Saya menemukannya dari sekilas bentuknya yang jika kita lihat tidak akan tertukar. Cara ini jika ada dua kanji tersebut dan menebak mana yang こい mana yang うすい.

Kalau 濃い saya melihat ada atau terbesit huruf K pada karakter tersebut. Sehingga saya bisa menebak kanji itu adalah Koi. Kata 薄い sama seperti Koi saya melihat kanji ini sekilas saya hubungkan dengan bentuk huruf S sehingga saya selalu ingat kanji itu bunyinya uSui. Silahkan perhatikan lagi dua kanji diatas dan anda bisa coba cara yang saya lakukan.

辛い

Yang harus anda perhatikan dari kata ini 辛い(からい)pedas adalah kemiripan bentuknya dengan kanji 幸せ(しあわせ)Kebahagiaan. Berbeda cara penulisan(guratan) nya namun sangat mirip. Kanji 辛い juga ada pada kata 唐辛子(とうがらし)cabai, karena cabai itu pedas. 

塩辛い

Artinya asin 塩辛い(しおからい) bisa dilihat dari kanji 塩(しお)Garam, karena garam itu asin. 

すっぱい

Entah kenapa kalau saya meghafal kosakata ini saya mengimajinasikan dengan seseorang yang sedang mencicipi jeruk yang sangat asam dan melihat raut mukanya dan bilang `suppppppaaaaaai`.

出来上がる・出来上がり

Kalau 出来上がる adalah bentuk kata kerjanya. 出来上がり bentuk kata bendanya. Bedanya bisa dilihat kalimat dibawah ini.
料理が出来上がりました。
料理が出来上がりです。
Sekian semoga bisa membantu memahami kosakata pada JLPT N3 ini.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa LIKE dan SUBSCRIBE Channel Kelas Jepang klik www.youtube.com/kelasjepang dan kunjungi website belajar JLPT N3 klik www.ayobelajar-jlptn3.com. Kelas Bahasa Jepang pemula silakan mampir di www.kelasjepang.online

Buat Mina san yang mau belajar JLPT N3 konsultasi GRATIS hubungi admin.

WA087835554111
email: surametoriyadi@gmail.com

#jlpt #jlptn3 #jlptn2 #jlptn1 #jlptn4 #jlptn5 #belajarjlptn3 #belajarjlptn2 #belajarjlptn4 #belajarjlptn5 #belajarbahasajepang #belajarbahasajepangdasar #belajarbahasajepangpemula #bahasajepangpemula #bahasajepangseharihari #bahasajepangjlpt #jftbasic #belajarmaterijft #belajarbahasajepangmudah #caramudahmenghafalkanji #caramudahmenghafalkosakata #caramudahmenghafalbunpo #caramudahmenghafalkosakatan3 #caramudahmenghafalpolakalimat #bahasajepangdasar