1.d. KB1はKB2にKB3を〜られる

Lanjut pembahasan tata bahasa  Pola Kalimat N3 第1週 1.1. ~られる、~させる 1 . Masih mengenai bentuk pasif ~られる.
のパソコンましたAdik merusakkan komputer saya.

Bentuk pasifnya BUKAN menjadi 私のパソコンは弟に壊されました。 Meskipun jika hanya dirubah posisi subyek obyek akan menjadi seperti itu. Maka dari itu saya tekankan dari awal, ada pola yang tidak hanya sekedar merubah kata kerja dan merubah posisi subyek obyek saja. Bentu pasif yang benar akan menjadi seperti dibawah ini:
パソコンれました
 Saya, komputernya dirusakkan oleh adik.

Cara menerjemahkan seperti diatas mungkin akan sedikit mengganggu, sehingga saat menerjemahkan kita boleh-boleh saja menggunakan pola kalimat pasif dalam bahasa indonesianya sehingga bisa menjadi: Komputer saya dirusakkan oleh adik. Contoh lain perhatikan dibawah ini.
噛まれた
Tangan saya digigit oleh anjing.
Pelakunya selain manusia bisa juga binatang.



1.e. ~て もらう

Ini salah satu bentuk keunikan bahasa jepang, konsep yang sama tapi berbeda rasa, ternyata berbeda pula pola kalimat yang digunakan. Ketika bentuk pasif namun tidak ada unsur merasa terganggu atau kesusahan, maka pola-pola diatas tidak boleh digunakan. Yaitu ketika kita justru merasa terbantu dengan tindakan tersebut (kalau pola sebelumnya merasa dirugikan). Langsung saja ke contoh kalimat.
私は友達自転車を修理してもらいました
Sepeda saya diperbaiki oleh teman saya. 

TIDAK BOLEH
 menggunakan pola pasif  
私は友達に自転車を修理されていました。Karena ada unsur kebaikan sehingga terbantu atas tindakan tersebut.

Selanjutnya masih ada pola ~させる yang cukup rumit untuk dipahami.


Jangan lupa SUBSCRIBE chanel Youtube kita KELAS JEPANG klik www.youtube.com/kelasjepang


>>Baca juga:
Cara Pendaftaran JLPT N3 Secara Online di Jepang 1
Cara Pendaftaran JLPT N3 Secara Online di Jepang 2

Selamat Belajar!!!

Semoga bermanfaat. Jangan lupa LIKE dan SUBSCRIBE Channel Kelas Jepang klik www.youtube.com/kelasjepang dan kunjungi website belajar JLPT N3 klik www.ayobelajar-jlptn3.com. Kelas Bahasa Jepang pemula silakan mampir di www.kelasjepang.online

Buat Mina san yang mau belajar JLPT N3 konsultasi GRATIS hubungi admin.

WA087835554111
email: surametoriyadi@gmail.com

#jlpt #jlptn3 #jlptn2 #jlptn1 #jlptn4 #jlptn5 #belajarjlptn3 #belajarjlptn2 #belajarjlptn4 #belajarjlptn5 #belajarbahasajepang #belajarbahasajepangdasar #belajarbahasajepangpemula #bahasajepangpemula #bahasajepangseharihari #bahasajepangjlpt #jftbasic #belajarmaterijft #belajarbahasajepangmudah #caramudahmenghafalkanji #caramudahmenghafalkosakata #caramudahmenghafalbunpo #caramudahmenghafalkosakatan3 #caramudahmenghafalpolakalimat #bahasajepangdasar