Contoh Soal JLPT N3 問題 3 (3.1)


Hari ini kita akan membahas soal JLPT N3 pada sesi 語彙(ごい) 問題3.

Untuk model soal pada mondai 3 ini, kemampuan penguasaan kosakata bahasa jepang sangat dibutuhkan. Terutama kosakata kanji. Ada satu hal yang perlu kita ketahui, yang mungkin membuat kita sedikit memakan waktu saat mengerjakan mondai 3 ini , yakni 読み方(よみかた). INGAT, mondai 3 ini tidak membahas masalah cara baca. Tapi pemahaman kosakata dan penggunaannya dalam sebuah kalimat. Pada mondai 3 ini, model soal yang dikeluarkan adalah melengkapi kalimat dengan memilih kosakata yang paling tepat. Sehingga saat mengerjakan soal ini kita boleh mengabaikan cara bacanya. Akan tetapi kita harus mengerti makna dan artinya.

Secara garis besar, hampir tidak bisa dititen bagaimana cara mengerjakan soal ini kecuali kita paham makna kosakata pada jawaban dan makna kalimat pada soal. Namun saya akan mencoba satu persatu untuk membantu bagaimana cara saya mengerjakan soal ini.

Kita mulai dari soal nomor 15.

⑮ この携帯電話はボタンを押しにくいという(   )を持つ利用者もいる。

1.関心    2.不満    3.目標    4.我慢

Jika saya mengerjakan soal di atas, saya sedikit bingung dengan kata 利用(りよう). Tapi saya punya satu kata sebagai clue dalam soal diatas yakni pada kata 押しにくい(おしにくい) yang artinya susah di tekan. Jadi pada kalimat di atas maksudnya adalah: 
Ada juga pengguna handphone ini yang (.....) karena tombolnya susah di tekan.
Dari keempat jawaban diatas, harus kita pilih mana kata yang tepat untuk melengkapi kalimat diatas. Saat saya membaca soal diatas, saya melihat kata kunci dan saya memilih nomor 2 不満(ふまん) karena saat membaca 押しにくい berarti ada unsur ketidakpuasan yakni sebuah kekurangan dari fungsi handphone tersebut.

携帯電話(けいたいでんわ) Handphone

Kata ini jika dipilah terdiri dari 4 kanji. 携える(たずさえる) artinya membawa dengan tangan, 帯(おび) artinya ikat pinggang, 電 artinya listrik, 話す(はなす) artinya berbicara. Sehingga kita bisa bayangkan makna kata 携帯電話 ini bisa menjadi handphone atau telepon genggam. 

利用(りよう) Manfaat/ fungsi 

Kata ini ada dua kanji yakni  利く(きく) Berfungsi dan 用いる(もちいる) Menggunakan. Sehingga jika digabungkan mempunyai makna manfaat atau fungsi.

関心(かんしん) Ketertarikan

Kanji 関 memiliki makna berhubungan, sama seperti pada kata 関係(かんけい). Ditambah kanji 心(こころ) sehingga menjadi hati yang terhubung karena terdapat  ketertarikan(関心).

不満(ふまん) Ketidakpuasan

Kanji 不 artinya tidak; 満 artinya penuh, cukup. Sehingga jika digabung menjadi tidak penuh sehingga tidak puas (不満). Kanji 満 akan sering anda lihat pada tempat parkir di jepang yang menyatakan penuh. Jika parkiran masih ada yang kosong, lawan katanya adalah 空(から) atau kosong. Lawan dari 不満 adalah 満足(まんぞく) atau puas. 

目標(もくひょう) Target/ sasaran

目(め) artinya mata. Kanji 標 maknanya adalah sasaran. Sehingga mata yang fokus pada sasaran bisa menjadi target (目標). 

我慢(がまん) Sabar

Kanji 我(われ) artinya saya dan 慢 artinya olok-olok. 我慢(がまん) berarti kita harus sabar kalau diri sendiri di olok-olok oleh orang lain,

Sekian berikutnya akan kita bahas soal nomor 16.

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts