Contoh Soal JLPT N3 問題 3 (3.2)


Contoh soal JLPT N3 問題 3 nomor 16.

⑯ 街を(   )してから、山本さんに会った。

1.ぐらぐら   2.がらがら   3.ばらばら   4.ぶらぶら

Soal onomatope  seperti diatas, saya sering mendapatkan masalah. Menurut saya lebih susah menghafal kosakata semacam itu dibandingkan menghafal kanji. Paling tidak kalau kosakata kanji saya bisa mendapatkan banyak petunjuk dari bentuk kanji dan artinya. Kalau anomatope ( apa itu anomatope silahkan klik disini ) tidak ada cara lain selain anda tahu artinya. Tapi sebenarnya saya memiliki sedikit trik dalam menghafal kosakata ini.

Berikut ini trik yang barang kali bisa membantu anda saat menghafal kosakata ini. Tapi perlu diingat, ini hanyalah cara saya dan mungkin tidak ada teori pada buku manapun. Ini hanya cara supaya anda lebih mudah menghafal kata ini.

1. Berimajinasi

Dalam menghafal kata seperti ぐらぐら、ばらばら、がらがら、ぶらぶら saya tidak bisa banyak mendapatkan petunjuk dari bentuk kata tersebut. Karena seperti yang anda lihat kosakata ini hanya ditulis dengan hiragana dan sering juga ditulis dengan katakana. Sehingga mau tidak mau kita harus meghafal dari maknanya. Namun semakin banyak kata yang kita hafal, mungkin saja anda akan mendapat kesulitan karena banyak kosakata ini yang memiliki bunyi yang mirip dan sebagian besar seperti terdengar kata yang berulang seperti pada jawaban soal diatas.

Dengan kondisi ini, saya menemukan cara untuk menghafalnya dengan imajinasi. Namun seperti yang saya sampaikan diatas bahwa tidak ada banayk petunjuk yang melekat dari kata ini (tidak seperti kanji yang mirip dengan gambar). Sehingga imajinasi yang harus kita gunakan harus sedikit berat. Tapi bebas anda berimajinasi untuk menghafal kata ini.

Kalau saya menghafal kata ばらばら saya melihat maknanya BERANTAKAN, saya membayangkanya (bahkan sampai sekarang) adalah saya melihat banyak buku yang berantakan, tidak tertata rapi. Ya seperti kita kalau selesai belajar buku akan tersebar dimana-mana.

Kata がらがら awalnya saya sulit menghafal kata ini. Tapi saya baru ingat kata 空(から) artinya KOSONG. Nah kata がらがら ini saya kaitkan dengan kata から hanya bedanya di beri tenten lalu diulang sehingga menjadi がらがら. Ini bukan filosifi dasarnya, sekali lagi ini hanyalah cara say amenghafalnya.

Lalu pada kata ぶらぶら saya berimajinasi dengan melihat ada seorang laki-laki yang sedang jalan sendirian tidak tahu mau kemana. Ya dalam imajinasi saya ini dia sedang berjalan di jalan yang sepi. Sehingga sampai sekarangpun kata ini saya bisa mengingatnya dengan imajinasi seperti itu.

Kata ぐらぐら jujur sampai sekarang saya tidak tahu artinya karena saya tidak menghafalnya. Tapi saat saya cek dikamus, saya bisa membantu mengimajinasi kata ini. Kata ini bermakna disebuah kondisi yang tidak stabil seperti pada saat gempa bumi. Atau saat anda naik kereta lalu gerbong terasa bergoyang-goyang. Hampir mirip dengan 揺れる(ゆれる).

2. Pelafalan

Teknik menghafal kata ini dengan pelafalan juga lumayan membantu saya. Karena memang kebanyakn dari kata ini juga ddiambil dari ekspresi suara-suara yang sebenarnya. Ini biasa saya kaitkan dengan huruf yang menyusun kata ini. Misalnya pada kata ばらばら (barabara) saya menghafalnya dari pelafalannya akan saya kaitkan seperti ini contohnya:

BARABARA >>>  BARAntakan

GARAGARA >>> GARA-GARA ga ada kamu hatiku KOSONG

GURAGURA >>> karena  GA STABIL bangunan itu roboh GURAbrakkkkk

Sekian semoga bisa membantu anda dalam menghafal kata onomatope.


* 街(まち) Artinya KOTA. Selain kanji 町 kanji ini juga digunakan. Kanji 街 ini terdiri dari karakter 行 dan dua tanah (土)yang ditumpuk. Sehingga bisa dihafal dengan PERGI(行)melihat DUA gundukan TANAH(土), dikiranya KOTA (街)

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts