日本語の諺(ことわざ) Peribahasa Dalam Bahasa Jepang 1

Dalam website ini saya akan sesekali menulis mengenai 諺(ことわざ) atau peribahasa dalam bahasa jepang. Barang kali dengan peribahasa bahasa jepang ini bisa menginspirasi kita semua untuk tetap bersemangat belajar bahasa jepang.

Peribahasa pertama yang akan saya bahas adalah sebagai berikut.

一石二鳥(いっせきにちょう)

Dalam bahasa jepang peribahasa ini memiliki makna:
一つ行為でからの二つの事(利益)を得ること。
Melakukan satu hal, bisa mendapatkan dua hal sekaligus. 
Saya mengenal peribahasa ini dari seorang Sensei saya yang saya kenal di sebuah grup belajar di kota tempat tinggal saya, Ikoma. Beliau menjelaskan kotowaza ini saat saya menemui kanji 石 yang saya tahu hanya memiliki makna batu. Lalu beliau menjelaskan satu peribahasa yang ada hubungannya dengan kanji tersebut dan dikenalkanlah saya dengan kotowaza diatas.

Peribahasa di atas, mungkin jika dalam bahasa indonesia akan mirip dengan peribahasa [ Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui ]. Peribahasa ini hampir mirip dengan kehidupan yang saya alami di Jepang ini. 

Pada awalnya, saya mempunyai cita-cita pergi  ke jepang karena memang saya butuh uang yang bisa saya dapatkan dalam waktu yang lebih cepat. Seperti yang kita semua ketahui bahwa penghasilan di jepang ini jika dibandingkan dengan penghasilan di indonesia mempunyai perbandingan 1:3. Atau bisa diilustrasikan dengan bekerja di jepang 1 tahun sama dengan bekerja di indonesia 3 tahun. Ya, hampir 3 kali lipat penghasilan yang bisa diperoleh jika bekerja di jepang. 

Selain itu saya juga ingin sekali meningkatkan kemampuan bahasa jepang saya dengan mengalami langsung kehidupan di jepang ini. Karena saya rasa 3 tahun saya belajar di sebuah perguruan tinggi, tapi kemampuan bahasa jepang saya tidak bisa berkembang. Akhirnya alhamdulilah saya bisa berangkat ke jepang sekitar 2 tahun yang lalu tepatnya pada bulan Maret 2014.

Tapi meskipun demikian, semua yang saya jalani sampai saat ini tidaklah semulus seperti potret-potret saya di dunia maya. Semua penuh dengan liku-liku permasalahan yang terkadang membuat stres. Namun saya selalu berusaha berfikir positif dan saat ini justru banyak hal yang bisa saya dapatkan bahkan diluar yang saya kira.

Saya bisa melakukan banyak hal dan saya bisa mendapatkan ilmu di luar bahasa jepang. Dan saya berharap ini akan menjadi bekal saya kelak ketika saya kembali ke indonesia dan bisa menjadi mandiri sesuai yang saya cita-citakan. Jadi ternyata apa yang saya alami, selain mendapatkan apa yang saya cita-citakan dari awal, saya juga mendapatkan hal yang lain selama saya di jepang.

Hal ini bisa dikatakan dengan 一石二鳥.

Kanji 石 selain mempunyai arti batu, kanji ini pada jaman dulu juga digunakan sebagai satuan.

Saya harap, anda dan kita semua bisa tetap fokus supaya apa yang kita cita-citakan bisa terwujud.

Amin.

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts