Kanji 第1週 1(1.1)Kanji di Tempat Parkir 1


Untuk melengkapi materi dalam pembelajaran pada website ini, saya akan sampaikan juga materi Kanji untuk kita pelajari bersama. Namun dengan sedikit metode yang berbeda, kali ini akan saya sampaikan dengan teknik imajinatif tanpa banyak gambar. Sehingga yang perlu anda lakukan saat belajar kanji melalui website ini adalah berimajinasi dengan cara anda sendiri sesuai dengan petunjuk yang saya sampaikan. Saya tidak akan menampilkan ON-kun pada pelajaran ini, tapi silahkan hafalkan pada kosakatanya. Jika memang diperlukan akan saya sampaikan poin-poin pentingnya mengenai ON-kun pada kanji N3 ini.

Selain materi kanji N3 yang saya sampaikan, saya juga akan berusaha menjelaskan beberapa kosakata yang mungkin butuh sedikit penjelasan supaya mudah dimengerti. Nomor yang saya cantumkan disebelah kiri kanji yang saya beri ukuran besar akan saya urutkan dari awal mulai pelajaran ini, sampai dengan berakhirnya materi kanji pada website ini.

Pada 第一週 ini kita akan membahas mengenai kanji-kanji yang biasa muncul di tempat umum terutama di 駐車場(ちゅうしゃじょう). 

1. 駐 

Kanji ini terbentuk dari 2 karakter yakni 馬(うま)yang artinya kuda;dan 主(ぬし)yang artinya pokok. Bushu kanji ini pada karakter 馬.

Arti kanji ini adalah berhenti; tinggal di~. Kunyomi kanji ini とどまる memiliki makna berhenti. Namun bunyi kunyomi ini sangat jarang digunakan dan yang sering digunakan adalah 止まる(とどまる・とまる). Jadi kunyomi kanji ini jangan terlalu diambil pusing. Hafalkan onyomi kanji ini dari kosakata contohnya.

車(ちゅうしゃ) Parkir
車場(ちゅうしゃじょう) Tempat parkir mobil
場(ちゅうりんじょう) Tempat parkir motor/sepeda
* Kanji memiliki makna roda. Biasanya akan sering ditemui pada tempat parkir sepeda di Jepang.

Onyomi ちゅう identik pada karakter pembentuk kanji diatas yakni pada karakter 主. Bisa kita lihat pada kanji-kanji lain yang memiliki karakter yang sama dan mempunyai onyomi yang sama misal pada kanji : 注、柱、註. Meskipun tidak semua mengikuti aturan ini, namun ini bisa digunakan untuk mengingat bunyi onyomi dengan melihat karakter yang sama (selain bushu) yang membentuk kanji tersebut. Ini efektif untuk bunyi pada kanji yang terbentuk dari 2 atau lebih karakter. Seperti kanji diatas 駐 terdiri dari kanji 馬 dan 主.

2.

Bushu kanji ini ada pada karakter paling bawah yang seperti 4 titik api (火). Kunyomi kanji ini yang sering kita dengar adalah ない・なし. Jadi kanji ini memiliki makna tidak ada/tediadaan.

無し(なし) yang artinya tidak ada, biasanya digunakan pada saat mengatakan ketidakadaan sesuatu. Misalnya : 砂糖無し(さとうなし) tanpa gula, bisa digunakan ketika ingin memesan minuman tanpa gula. Atau jika dibilang 無し(なし) berarti tidak ada/tanpa. Kata ない (bentuk biasa dari ありません) juga menggunakan kanji ini. Tapi kata ない  yang menempel pada kata kerja misalnya 働かない(はたらかない) tidak lazim ditulis dengan kanji ini.

Onyomi kanji ini silahkan hafal dari kosakata berikut ini.

理(り) Tidak mungkin
駄(だ) Pemborosan/kesia-siaan
休(きゅう) Tidak ada libur
料(りょう) Gratis/tanpa biaya
事(じ) Aman/selamat
沙汰(ごさた) =お久しぶりですね Lama tidak berjumpa ya...


Entah kenapa jika saya melihat kanji 無 saya bisa mengingat bunyi onyomi ム dengan imajinasi seperti pada gambar disamping.

Bentuk karakter yang atas seperti huruf M. Tapi selain MU ada bunyi lain yakni BU seperti pada kata 無事(ぶじ)

Cara menghafal ini bebas sesuai dengan daya imajinasi anda.

Sekian jika ada hal yang kurang jelas silahkan ditanyakan pada kolom komentar.

Selamat Belajar.

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts