Beberapa Kesalahan Saat Belajar Kanji 3

Menyambung dari postingan sebelumnya mengenai beberapa kesalahan dalam mempelajari kanji.

3. You Memorize Instead Learn./ Anda hanya menghafal tapi tidak memahami.

Hal ini sangat banyak dijumpai terutama bagi mereka yang masih baru belajar kanji. Apalagi dengan ungkapan [ Bagaimana cara menghafal kanji dengan cepat] atau [cara efektif belajar kanji dengan cepat]. 


Bagaimanapun menurut saya tidak ada yang namanya cara cepat apalagi jalan pintas dalam mempelajari kanji. Salah satu jalan terbaik ya hanya memahaminya dengan secara bertahap dan perlahan. Seperti pengalaman banyak orang yang bisa dikatakan sukses dalam belajar bahasa jepang, adalah mereka belajar dengan tekun serta konsisten. Dan tidak dengan memikirkan cara yang cepat dan instant. Ingat, ini adalah bahasa. Memahaminya tidak hanya dengan otak saja. Tapi dengan  hati dan perasaan. Karena kita belajar cara bagaimana berinteraksi dengan manusia lainnya. Bukan dengan robot atau program komputer.

Maka dari itu, ada beberapa hal-hal yang saya tidak suka dalam mempelajari bahasa jepang terutama kanji. Salah satunya adalah belajar dengan menggunakan aplikasi. Terutama belajar kanji. Belajar kanji bagi saya adalah sebuah seni. Dimana bisa dikatakan seluruh organ tubuh kita harus dimanfaatkan dengan baik untuk memahaminya. Tidak hanya otak, tetapi tangan, mata, tubuh, dan bahkan hati kita harus digunakan untuk meresapi makna dan memahami bentuknya dengan lebih dalam.

Belajar kanji tidak bisa disamakan dengan menghafal huruf romaji. Jika kita tidak bisa memahami maka memori yang kita ingat hanya akan membekas beberapa saat saja. Selain itu faktor repetition atau pengulangan juga sangat berpengaruh. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa orang jepang masih bisa menggunakan karakter rumit ini dalam kehidupan mereka. Karena mereka menggunakan secara berulang. Tidak seperti kita sebagai orang asing yang menggunakannya hanya di saat-saat tertentu saja.

Nah, arti kata memahami dalam point ke 3 ini, saya bisa mengambil contohnya dari sebuah kanji berikut ini.

汗(あせ)

Secara harfiah makna kanji ini adalah KERINGAT. Tapi apakah anda tahu mengapa kanji itu bisa diartikan keringat?

Sebenarnya makna kanji itu ada di dalam bentuk kanji itu sendiri. Meskipun tidak keseluruhan, tapi dengan memahami bentuk kanjinya maka kita akan lebih mudah memahami maknanya. Seperti kanji diatas. Kanji tersebut sebenarnya terdiri dari karakter 水(みず)yang artinya AIR dan 干(ほす)yang artinya menjemur. Cara memahaminya: Bayangkan saja kalau kita DIJEMUR di bawah terik matahari. Akan ada cAIRan yang keluar dari tubuh kita. Yakni KERINGAT. Lalu kata 干す(ほす)saya bisa membayangkan dari bentuknya yang seperti tiang jemuran.

Cara-cara ini juga sudah saya sampaikan pada pembahasan Beberapa Kesalahan saat Belajar Kanji 2 pada postingan sebelumnya.

Jadi, silahkan pikirkan sekali lagi apa yang anda lakukan selama ini dalam belajar bahasa jepang/ belajar kanji. Pikirkan kenapa anda merasa kesulitan saat belajar kanji selama ini? Jika anda sudah bisa menemukan atau memahami kesalahan yang anda lakukan, maka ubahlah cara anda.

Dalam website ini saya harap akan ada banyak petunjuk bagaimana untuk belajar dan memahami apa yang kita pelajari. BUKAN hanya sekedar menyampaikan materi.

Bersambung....

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts