Kosakata 第1週 6.2. Mengasuh anak dan binatang 2

Lanjut dari postingan sebelumnya mengenai kosakata 第1週6日目. Akan sedikit saya berikan penjelasan pada kosakatanya sehingga lebih mudah untuk dihafalkan.



行儀(ぎょうぎ)

Bisa diterjemahkan dengan sikap,perilaku,tata krama. Terdiri dari kanji 行 dan 儀 . Kanji 行 bisa berarti pergi 行く(いく) bisa juga berarti menyelenggarakan 行う(おこなう). Kanji 儀(ぎ)memiliki makna peraturan, upacara. Mungkin sedikit susah menghubungkan makna dari kedua kanji tersebut. Namun disini yang akan saya tekankan adalah pada kanji 儀 dimana kanji ini akan cenderung mirip dengan kanji 議 pada kata 会議(かいぎ). Jadi yang penting jangan sampai tertukar. Jika kata 行儀 kanji 儀 dengan bushu 人 sedangkan kanji 議 pada kata 会議 menggunakan bushu 言.

Kosakata yang biasa menggunakan kanji di atas.

行列(ぎょうれつ)   Antrean/parade 

biasanya kalau kita sedang belanja dan mau membayar di kasir maka kita harus mengantri. Inilah yang dinamakan 行列.
Orang sedang mengantre

利口な(りこうな)

Kanji 利(り) mempunyai makna keuntungan/manfaat. Dan kanji 口(くち)maknanya mulut. Sehingga mulut 口 yang bisa mendatangkan keuntungan  利 hanya mulut yang dimiliki oleh orang pintar/pandai 利口な. Orang yang pandai : 利口な人

Selain 利口な makna yang serupa ada juga kata 賢い(かしこい)Bedanya kata 賢い adalah kata sifat-i ,sedamgkan 利口な adalah kata sifat-na.

Kosakata yang bisa menggunakan kanji di atas:

利益(りえき)   keuntungan/laba
利用(りよう)   kegunaan/pemanfaatan

Kata 利用 biasa akan kita jumpai di tempat-tempat seperti pada foto berikut ini.

Di tangga sebuah 駅(stasiun)

Di dalam toilet
賢い(かしこい)

Kanji ini terdiri dari kanji 臤 yang memiliki makna keras dan kanji 貝(かい)yang artinya kerang. Orang yang keras 臤 biasanya  pintar 賢 kalau menghitung kerang 貝.

生意気な(なまいきな)

Cukup susah untuk menghubungkan makna dari setiap kanji di atas. Namun jika dipilah kanjinya maka masing-masing akan mempunyai makna seperti berikut:

 bisa menjadi kata 生まれる(うまれる)Lahir、生(なま)Mentah、せい dari kata 先生(せんせい)
意 ada pada kata 意味(いみ)Arti
気 pada kata 気持ち(きもち)Perasaan

抱っこする(だっこする)

Kanji 抱 terdiri dari dua kanji yakni 手 yang artinya tangan dan  包む(くるむ)yang artinya membungkus. Jadi kanji ini bisa kita imajinasikan dengan membungkus 包 dengan tangan 手 atau kita sebut memeluk 抱っこする.

吠える(ほえる)

Artinya menyalak atau menggonggong. Cara menghafalnya mudah. Mengeluarkan suara dari mulut 口 anjing 犬 adalah menggonggong 吠える. Selain kata 吠える yang biasa dilakukan anjing adalah 唸る(うなる)menggerang yaitu mengeluarkan suara tetapi seperti ditahan (bukan menggonggong ). 

Kanji 唸る ada unsur 口 juga yang menandakan unsur yang dikeluarkan atau sumbernya didalam mulut (anjing). Dan karakter kanannya seperti pada kata 記念(きねん)peringatan.

掘る(ほる)

Artinya menggali. Disusun dari kanji 手 (tangan) dan 屈(membungkuk) . Menggali 掘 biasanya menggunakan  tangan 手 dan dengan posisi membungkuk 屈.

埋める(うめる)

Artinya mengubur. Ada unsur tanah 土 dan karakter kanannya adalah kanji desa 里. Mengubur tanah 土 di desa 里,

Sekian beberapa kosakata yang bisa saya jelaskan. Masih banyak kekurangan. Mohon dikoreksi dan disampaikan di kolom komentar.

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.