Pola kalimat ~ように yang akan saya jelaskan kali ini, akan ada beberapa variasi pola kalimat. Seperti ~ようにします、~ようになる。

Memang terkadang sangat susah untuk memahami bagi pemula yang pertama kali belajar pola kalimat yang lebih rumit. Akan tetapi dengan memahami pola dasarnya, maka kita akan lebih mudah meraba makna yang harus kita pahami dalam pola kalimat ini. Dan pola dasar yang harus kita pahami kali ini adalah pola kalimat ~ように。

Beberapa dari kita biasanya akan sangat sibuk dengan menjabarkan makna dari sebuah pola kalimat untuk memahaminya. Sama seperti saya dulu. Saya lebih sibuk memahami pola kalimat dengan teorinya yang sangat rumit untuk dijelaskan. Tapi sekarang saya mulai paham, bahwa untuk memahami makna, kita akan lebih mudah dengan menganalisa dari contoh kalimat. Maka dari itu, saya akan mencoba menjelaskan makna pola kalimat ini dengan contoh kalimat yang ada.



1.~ように

Pola kalimatnya :

Vる+ように
Vれる+ように
Vない+ように

皆さんに聞こえるようにもっと大きな声で話してください。
Supaya semua orang bisa mendengarkan, harap bicara dengan lebih kencang .
忘れないように、手帳に書いておこう。
Agar tidak lupa, (saya) mencatatnya di buku catatan. 
Untuk memahami makna, kita bisa saja mengingat satu pola kalimat tersebut sesuai terjemahannya. Namun kita juga harus tahu bahwa tidak semua pola kalimat bisa diterjemahkan dengan satu kata atau kalimat yang baku. Terkadang suatu pola kalimat yang berbeda bisa diterjemahkan dengan kalimat yang sama akan tetapi ada nuansa yang berbeda. 

Nah disini, pola kalimat ~ように ini, saya memahaminya dengan makna "agar/supaya". Maka jika dijabarkan akan menjadi : 

・皆さん >>> Semua orang
・聞こえる >>> bentuk potensial dari 聞く(Mendengar) jadi maksudnya 聞こえる adalah BISA MENDENGAR
ように >>> supaya/agar
・もっと大きな声で >>> dengan suara yang lebih keras
・話してください  >>> silakan berbicara

Jadi 聞こえるように artinya adalah "supaya bisa mendengar~". Biasanya pola kalimat ini digabungkan dengan bentuk potensial seperti di atas. Contoh lain:
話せるように~ Supaya bisa berbicara~
使えるように~ Supaya bisa menggunakan~ 
見られるように~ Supaya bisa melihat~
Selain itu juga biasa digabungkan dengan bentuk negatif sehingga maknanya bisa menjadi "supaya tidak~" (seperti pada contoh kedua pada kalimat di atas) misalnya sebagai berikut:
 忘れないように~ supaya tidak lupa~
 使わないように~ supaya tidak menggunakannya~
 見られないように~ supaya tidak bisa melihat~
Ada juga ~ように diletakkan di akhir kalimat yang makna "mudah-mudahan (harapan)". Misalnya :
ずっと幸せになりますようにMudah-mudahan bahagia selamanya.
Nah sekian dulu untuk memahami dasar pola ~ように ini. Karena nanti untuk level yang lebih tinggi, pola kalimat ini bisa dikombinasikan atau bahkan mempunyai makna yang berbeda.



Jika ada kesalahan dalam penjelasan saya, silakan tinggalkan komentar di kolom komentar.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa LIKE dan SUBSCRIBE Channel Kelas Jepang klik www.youtube.com/kelasjepang dan kunjungi website belajar JLPT N3 klik www.ayobelajar-jlptn3.com. Kelas Bahasa Jepang pemula silakan mampir di www.kelasjepang.online

Buat Mina san yang mau belajar JLPT N3 konsultasi GRATIS hubungi admin.

WA087835554111
email: surametoriyadi@gmail.com

#jlpt #jlptn3 #jlptn2 #jlptn1 #jlptn4 #jlptn5 #belajarjlptn3 #belajarjlptn2 #belajarjlptn4 #belajarjlptn5 #belajarbahasajepang #belajarbahasajepangdasar #belajarbahasajepangpemula #bahasajepangpemula #bahasajepangseharihari #bahasajepangjlpt #jftbasic #belajarmaterijft #belajarbahasajepangmudah #caramudahmenghafalkanji #caramudahmenghafalkosakata #caramudahmenghafalbunpo #caramudahmenghafalkosakatan3 #caramudahmenghafalpolakalimat #bahasajepangdasar