Soal nomor 5 & 6 問題 1 saya jelaskan seperti di bawah ini.


⓹.大学の奨学金に応募した。

1.おうぼ   2.おうも   3.おうぼう   4.おうもう


Karena satu kanji bunyinya sama pada keempat jawabannya maka peluang benarnya 25%. Jawabannya sedikit ingin menyamarkan antara lafal  M dan B , kemudian diselipkan juga vokal panjang dan pendeknya. Kalau saya menjawab pertanyaan di atas, saya tahu bahwa kanji 募 bunyinya B namun ternyata saya masih harus menebak apakah bunyi panjang atau pendek. Saya hafal kanji tersebut dari kata 募集中  yang biasanya ada pada iklan lowongan pekerjaan. 

Kanji 募 terkadang akan disamarkan dengan kanji 幕 seperti pada kata 字幕(じまく): terjemahan dalam film. Hanya berbeda karakter bawahnya.

Lalu saya juga sering bingung dengan kanji ini 応 yang terdapat pada kata  応対 dan  対応. Kanjinya sama tapi hanya dibolak-balik posisinya. Kalau 対応(たいおう)sesuai/cocok/compatible, sedangkan 応対(おうたい)artinya menghadapi

Kosakata yang biasa dijumpai dari kanji diatas:

応対(おうたい) Menghadapi
対応(たいおう) Penanggulangan
応用(おうよう) Praktek
応答(おうとう) Jawaban
応援(おうえん) Pertolongan, dukungan
募集(ぼしゅう) Rekrutmen

⓺.子どもの疑問に答えた。

1.くもん   2.きもん   3.ぐもん   4.ぎもん

Kalau soal nomor 5 kanji pertama yang sama, soal nomor 6 kanji keduanya keempat jawabannya ditulis sama sehingga kita tinggal menebak yomikata kanji pertama antara bunyi K atau G dan vokal U atau I. Makna kata 疑問 hampir sama dengan 質問(しつもん)Bertanya/Pertanyaan. Kanji 問 akan sering dikecohkan dengan 間、閉、開、関 yang biasanya dimunculkan pada mondai 2.

疑う(うたがう) Menanyakan/Bertanya
問う(とう) Bertanya
お問合せ(おといあわせ) Yang ditanyakan
質問(しつもん) Pertanyaan

Sekian,

Selamat mengerjakan.