T
Menggunakan aplikasi untuk belajar memang lebih menyenangkan dari pada membaca buku. Namun menurut saya kemampuan otak menyimpan memori saat belajar menggunakan aplikasi pada smartphone tidak lebih baik dari pada belajar dengan text book atau buku yang sesungguhnya. Aplikasi smartphone saya sarankan hanya untuk anda gunakan sebagai latihan soal.

Terutama untuk melatih membaca kanji. Aplikasi smartphone sangat praktis bisa dibawa kemana saja.

Berikut ini aplikasi-aplikasi android yang bisa anda coba pada smartphone anda yang bisa di dapatkan di Play Store

1. N3 JLPT PREPARE



Dalam aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk latihan pemahaman materi dalam JLPT N3. Soal-soalnya tidak sesuai dengan soal yang sesungguhnya dalam ujian JLPT. 


Ada tiga sesi bagian dalam latihan pada aplikasi ini. Ada kanji, vocab serta grammar atau tata bahasa. Setelah masuk satu bagian latihan kita bisa memilih jumlah soal serta batas waktu saat mengerjakannya. Lalu setelah selesai mengerjakan atau pada saat waktu sudah habis, maka akan ada informasi mengenai soal yang anda kerjakan terutama berapa soal yang terjawab dengan benar dan yang salah.

Selain itu ada menu [search] yang bisa digunakan untuk mencari kosakata yang kita inginkan. 

Meskipun praktis digunakan untuk latihan soal JLPT N3, aplikasi ini masih berbahasa inggris sehingga akan sedikit menyusahkan bagi anda yang tidak mengerti bahasa inggris.

2. Japanese 3 Lite (JLPT N3)


Hampir sama dengan aplikasi JLPT N3 yang lainnya, aplikasi ini berisikan latihan ujian JLPT N3. Ada tiga bagian latihan yakni Kosakata, Kanji dan Tata bahasa. Namun tidak seperti aplikasi N3 JLPT Prepare, soal setelah dikerjakan akan langsung diketahui benar dan salahnya. 

Meskipun formatnya lumayan sederhana, namun bisa anda gunakan untuk latihan menguasai materi dalam JLPT N3.

Masih ada banyak lagi aplikasi yang bisa anda gunakan untuk belajar sebelum menghadapi ujian JLPT N3. Silahkan bagi yang sudah menggunakan aplikasi yang lain, berbagi informasi di kolom komentar.

Terima kasih.