Kali ini kita akan membahas kosakata pada salah satu pekerjaan rumah yang paling saya tidak suka. Yaitu mencuci baju.

Mencuci baju di jepang sangat jarang yang menggunakan tangan langsung. Tidak seperti di indonesia yang rata-rata masih menggunakan tangan. Di jepang mesin cuci atau 洗濯機(せんたくき)sudah menjadi alat rumah tangga yang wajib dimiliki di dalam rumah.


Mungkin bagi anda yang masih baru datang ke jepang dan belum pernah menggunakan mesin cuci, akan sedikit kebingungan bagaimana cara mengoperasikannya. Sama seperti saya dulu. Karena tidak pernah mengoperasikan mesin cuci sebelumnya, apalagi tombol ada banyak dan petunjuknya menggunakan kanji, saya sering melakukan kesalahan sehingga hasil cucian tidak kering. Nah kali ini, kosakata yang akan kita bahas adalah seputar mesin cuci dan mencuci baju. Semoga bisa jadi referensi anda.

Tampilan panel mesin cuci di jepang

Kalau kita perhatikan pada penampakan panel mesin cuci di atas, bisa kita ambil beberapa kosakata yang perlu kita ingat. Tidak semua kosakata perlu dihafalkan. Disampaing saya tidak tahu fungsinya, kosakata yang akan muncul pada ujian JLPT biasanya yang umum saja (tidak termasuk pada fungsi-fungsi mesin cuci yang rumit).

1. 電源(でんげん)

電源(でんげん)adalah tombol yang wajib kita hafal. Pada mesin cuci (dan peralatan listrik lainnya ) biasanya ada dua tombol yaitu  入 (on)  dan 切 (off). Meskipun lawan kata dari 入 adalah 出, namun kosakata yang berhubungan dengan listrik biasanya menggunakan kanji 切 untuk menunjukkan MATI atau OFF. Hal ini bisa kita ingat pada sebuah SAKLAR, yang fungsinya adalah untuk MEMASUKKAN dan MEMUTUS aliran listrik. Bukan untuk mengeluarkan aliran listrik.



2. スタート・一時停止(いちじていし)

Tombol ini menjadi satu fungsi antara START dan PAUSE. スタート atau start digunakan pada saat kita memulai proses pencucian dari mengalirkan air ke dalam mesin cuci. Kalau 一時停止(いちじていし) atau pause digunakan pada saat kita menghentikan proses sementara dan bisa dilanjutkan lagi proses mencucinya jika kita tekan sekali lagi (start). Biasanya jika sudah menekan tombol start maka pintu bak mesin cuci akan terkunci (tidak bisa dibuka) dan jika pause ditekan pintu bisa dibuka.

3. 洗い(あらい)・濯ぎ(すすぎ)・脱水(だっすい)

Tiga proses paling umum dalam mencuci adalah 洗い(あらい)Mencuci、濯ぎ(すすぎ)Membilas、脱水(だっすい)Memeras (menghilangkan airnya). Biasanya dalam satu set proses 標準(ひょうじゅん)alias proses biasa atau STANDAR , mencuci pada mesin cuci ada tiga proses tersebut. Waktu setiap prosesnya tergantung banyaknya cucian (bisa diset dengan liter) atau bisa juga kita setting sendiri. Tapi saya sendiri jarang sekali utak-atik fungsi menu lain seperti waktu.

4. 乾燥(かんそう)

Tombol 乾燥(かんそう)ini digunakan untuk mengeringkan. Ada tipe mesin cuci yang bisa benar-benar kering dengan fungsi ini. Namun yang pasti akan membutuhkan daya listrik yang banyak sehingga boros. Pada saat musim dingin fungsi ini sangat diperlukan mengingat kondisi di siang hari yang juga dingin sehingga pengeringan baju di luar ruangan tidak memungkinkan. Sehingga solusinya adalah mengeringkannya di dalam mesin cuci dengan fungsi ini. Ada pula mesin cuci yang pengeringannya hanya setengah, lalu selanjutnya hanya perlu menggantungnya di dalam ruangan sampai benar-benar kering.

Simak pembahasannya di youtube :




Beberapa kosakata lain yang perlu anda hafal yang berhubungan dengan mesin cuci dan mencuci baju:

洗濯物____

たまる      Cuciannya menumpuk
ぬれてる     Cuciannya masih basah
湿(しめ)ってる Cuciannya setengah kering
(かわ)く   Cuciannya kering

洗濯物____

ためる      Menumpuk cucian
ぬらす      Membasahi cucian
(ほ)す    Menjemur cucian
(たた)む   Melipat cucian

乾燥機(かんそうき)で(かわ)かす  Mengeringkan cucian dengan pengering
洗剤(せんざい)を入れる        Memasukkan deterjen

Dan ingat kosakata ini:

(よご)す Mengotori baju
れる    Bajunya kotor
(そで)    Lengan baju
タオル      Handuk
クリーニング   Tempat laundry
コインランドリー Laundry dengan koin 
服を(つ)るす Menggantung baju
アイロンをかける Menyetrika
しわ       Lecek
真っ白に仕上がる Jadi putih bersih
真っ黒      Hitam 
ワイシャツ    Kemeja putih

しわを(の)ばす             Menghilangkan lecek
ウール           Wollen
セーターがちぢ)む   Sweaternya mengkerut
ジーンズの色が(お)ちる Warna jeansnya luntur

Sekian, untuk kosakata yang perlu ditambahkan silakan isi di kolom komentar. Terima kasih.
Selamat belajar.

Jangan lupa SUBSCRIBE Channel Youtube Kelas Jepang di www.youtube.com/kelasjepang dan bagi kamu yang masih belajar JLPT N3 silakan mampir blog kami www.ayobelajar-jlptn3.com informasi seputar jepang bisa mampir di NIHON.ID

Kamu punya kesulitan dan belajar bahasa jepang dari nol? Atau kamu sedang belajar untuk menempuh ujian JLPT ? Silakan hubungi kami dan konsultasi bersama kami.

KELAS JEPANG ONLINE
Tempat Belajar Bahasa Jepang Pemula

WA : 087835554111
IG : @kelas_jepang_online

#belajarpolakalimatn5 #polakalimatn5 #polakalimatn4 #polakalimatn3 #polakalimatn2 #polakalimatn1 #kosakatan1 #kosakatan2 #kosakatan3 #kosakatan4 #kosakatan5 #kosakatajlpt #kanjin1 #kanjin2 #kanjin3 #kanjin4 #kanjin5 #tipsbelajarbahasajepang #caramenghafalkosakata #caramenghafalkanji #caramenghafalpolakalimat #belajarbahasajepangbagipemula #belajarbahasajepangseharihari #belajarbahasajepangbisnis #belajarpercakapanbahasajepang #bahasajepangseharihari #bahasajepangpemula #bahasajepangmudah #bahasajepanguntukpemula
#kelasjepang #kelasjepangonline #kelasjepangonlinepemula #kana #katakana #hiragana #kanji #kotoba #bunpo #polakalimat #belajarbahasajepang #belajarbahasajepangpemula #belajarbahasajepangdasar #belajarbahasajepanggratis #belajarbahasajepangotodidak #belajarbahasajepangsendiri #belajarbahasajepangmudah #belajarbahasajepanglewatasplikasi #belajarmenulisjepang #belajarenulishiragana #belajarmenuliskatakana #belajarmenuliskanji #belajarbahasajepangbersama #belajarbahasajepangbersamaorangjepang #belajarkanjidasar #belajarjlpt #jlpt #jlptn1 #jlptn2 #jlptn3 #jlptn4 #jlptn5 #belajarjlptn5 #belajarjlptn4 #belajarjlptn3 #belajarjlptn2 #belajarjlptn1