Kita mulai materi pola kalimat 第1週 dengan pola kalimat bentuk ~られる、~させる.

Untuk memahami perubahan kata kerja pada pola kalimat ini, kita harus mengingat lagi pola kalimat dasar pada JLPT N5 yakni perubahan bentuk ~ない. Tapi tidak akan saya bahas lagi soal ini karena saya anggap anda sekalian yang ingin belajar N3 sudah menguasai N4&N5 dengan baik. Jadi saya hanya akan membahas sekilas saja yang mungkin banyak diantara anda yang belum tahu cara memahaminya.

>>Baca juga : CARA CEPAT MENGUASAI BAHASA JEPANG


1. ~られる

Pola ini sering disebut dengan 受身形(うけみけい) atau pola kalimat pasif jika dalam bahasa indonesia. Namun ada perbedaan antara pola kalimat pasif pada bahasa jepang dan bahasa indonesia. Sehingga saya dulu lumayan kesulitan untuk memahami pola kalimat ini. Jika dalam kalimat pasif dalam bahasa indonesia hanya ditunjukkan dengan imbuhan di- atau ter-, dan subyek - obyek ditukar posisi, maka dalam bahasa jepang tidaklah demikian. Yang perlu diingat dalam memahami pola kalimat ini, jangan terpaku dengan pola pasif bahasa indonesia. Jadi silakan nanti pahami sedikit demi sedikit dari contoh kalimatnya.

Langsung saja kita coba menjelaskannya melalui contoh kalimat.

1.a. ~られる

Model pertama, biasanya jika tidak ada subjek yang jelas dari sebuah kalimat. Sebaiknya langsung saja kita pahami dari contoh kalimatnya:
この本には、くわしく説明は書かれていません
Di dalam buku ini, tidak ditulis dengan rinci penjelasannya. 

Pada kalimat ini kita masih bisa memahaminya karena masih bisa diartikan sama dengan pola pasif dalam bahasa indonesia, yakni ditulis. Lalu siapa yang menulis penjelasannya? Dalam kalimat diatas tidak ditulis dengan jelas siapa penulisnya, namun dengan pola kalimat ini, pastilah ada seorang penulis yang menulis buku tersebut tapi tidak menulis penjelasannya dengan rinci. Sehingga jika ditulis dengan lengkap kalimat diatas bisa menjadi:
この本には、くわしく説明は筆者に書かれていません
Di dalam buku ini, tidak ditulis dengan rinci penjelsannya oleh pengarangnya.
Model pola kalimat pasif yang ini, oleh siapa/apa yang ditunjukkan dengan partikel NI(~に)  nya tidak ditulis dengan jelas tapi kita bisa memahami. Pahami lagi dengan contoh lain dibawah ini:
入学式は、このホールで行われます
Upacara penyambutan siswa baru akan diselenggarakan di gedung pertemuan ini.
これは、世界で一番大きいダイヤモンドだと言われています
Katanya, ini adalah permata terbesar di dunia. 
昔は、その考えが正しいだと思われていた
Dulu, ide itu dianggap benar.

 

>>Baca juga : Cara Daftar JLPT Online 2018 di Indonesia 

1.b. N1 に~られる

Sama seperti pola kalimat diatas, namun oleh siapa/apa (~に)  ditulis dengan jelas. Supaya lebih mudah langsung lihat contoh di bawah ini:
私は 先生に  ほめられた
Saya dipuji oleh sensei. 
私は 犬に 噛まれた(かまれた)。
Saya digigit (oleh) anjing

1.c. N1に~られる

Dalam model berikutnya ini ada sedikit perbedaan konsep dibanding dengan kalimat pasif dalam bahasa indonesia. Bentuk pasif model ini ada konteks dimana subyek merasa terganggu atau kesulitan akibat dari tindakan lain. Langsung saja lihat pada contoh kalimat berikut:
雨にられて、服がぬれてしまった。
Gara-gara hujan, baju (saya) basah. 
Maksud dari kata kerja 降られて bukan dihujani. Akan tetapi bisa diterjemahkan dengan kehujanan. Dalam bahasa indonesia kehujanan memiliki makna tidak sengaja terkena hujan dan pasti merasa kesusahan dengan hujan tersebut. Lalu kata harus diikuti dengan partikel.

Partikel に pada kalimat ini tidak diikuti oleh orang atau hewan tapi 雨. 雨 ini menjadi sebuah kondisi yang mengakibatkan subyek (saya) merasa kesusahan. Jadi jika diungkapkan bahasa lainnya : (Saya) Terhujani sehingga baju (saya) basah. Tapi jika diterjemahkan seperti itu akan terasa aneh. Mungkin akan lebih tepat jika diterjemahkan dengan kehujanan.
父に死なれて、大学を続けられなくなりました。
Karena ayah meninggal, tidak bisa melanjutkan kuliah.
Maksud kalimat di atas mungkin akan sudah dipahami. Tapi coba jika dipilah seperti ini.

父に    oleh ayah
死なれて ditinggal mati/ meninggal 
Meskipun 死ぬ artinya meninggal/mati jika diubah dalam bentuk pasif tidak menjadi dimatikan. Sehingga yang dimaksud disini adalah ditinggal mati. Dan hal tersebut pastilah membuat susah subyeknya. Disinilah bentuk pasif dalam bahasa jepang akan berlaku.


Semoga bermanfaat. Jangan lupa LIKE dan SUBSCRIBE Channel Kelas Jepang klik www.youtube.com/kelasjepang dan kunjungi website belajar JLPT N3 klik www.ayobelajar-jlptn3.com. Kelas Bahasa Jepang pemula silakan mampir di www.kelasjepang.online

Buat Mina san yang mau belajar JLPT N3 konsultasi GRATIS hubungi admin.

WA087835554111
email: surametoriyadi@gmail.com

#jlpt #jlptn3 #jlptn2 #jlptn1 #jlptn4 #jlptn5 #belajarjlptn3 #belajarjlptn2 #belajarjlptn4 #belajarjlptn5 #belajarbahasajepang #belajarbahasajepangdasar #belajarbahasajepangpemula #bahasajepangpemula #bahasajepangseharihari #bahasajepangjlpt #jftbasic #belajarmaterijft #belajarbahasajepangmudah #caramudahmenghafalkanji #caramudahmenghafalkosakata #caramudahmenghafalbunpo #caramudahmenghafalkosakatan3 #caramudahmenghafalpolakalimat #bahasajepangdasar