Sudah lama ya tidak update materi JLPT N3. Setelah saya buka lagi blog JLPT N3 ini, ternyata kita sudah masuk ke Minggu kedua. Buat kamu yang masih pemula atau ingin belajar JLPT N4 silakan mampir di www.kelasjepang.online

Pada bagian pertama atau 1日目 buku 日本語総まとめ N3 ini, membahasa soal kosakata yang berhubungan dengan waktu.

[BUTUH BUKU SOMATOME? KLIK DISINI]

Nah saya akan coba bahasa sedikit demi sedikit kosakata tersebut supaya lebih mudah diingat dan dipahami.


計画(けいかく)

Artinya rencana. Terdiri dari kanji 計る(はかる)yang bisa diartikan dengan mengukur, dan kanji 画 yang bisa kita jumpai pada kata 画面(がめん). Kata kerja yang mengikuti kata 計画 ini adalah 立てますdan bukan 作ります. Jadi bayangkan saja kalau rencana itu harus dibangun (立てる).

Kosakata lain yang bisa kita ambil dari kanji di atas :

体温計(たいおんけい)Termometer / alat untuk mengukur( 計)hangatnya (温)tubuh (体)

画面(がめん)    layar
映画(えいが)    film

silakan temukan kata 計画 pada gambar rencana kerja di perusahaan jepang

申し込み(もうしこみ)

Kanji 申し  dipakai pada kata yang biasa kita gunakan saat perkenalan misalnya :

スラメットと申します。(panggil) Saya Slamet.

Jangan sampai salah MOU nya disini bunyi panjang bukan pendek. Kanji 込 dari kata kerja 込みます yang artinya masuk ke dalam.  Kata 申し込み bisa ditulis dengan 申込 atau dengan 申し込み. Kata kerjanya ditambah dengan する. 

Kata ini biasanya akan banyak kita temui pada form-form pendaftaran. Misalkan pada form pendaftaran di internet di bawah ini. 
sudah ketemu kata 申し込み ada di sebelah mana?
www.kartuprepaid-docomo.net

kalau di supermarket sering kita lihat juga 税込 (ぜいこみ)artinya (harga) sudah termasuk pajak.

日程(にってい)

Artinya jadwal. Dari kanji 日(ひ)dan 程(ほど/yang bisa diartikan dengan waktu atau jarak
Kosakata lain :

程度(ていど)derajat

変更(へんこう)

Kata ini terdiri dari kanji 変える(かえる/merubah)dan kanji 更. Jika digabung menjadi 変更(へんこう/merubah) . Kata kerjanya hanya tinggal ditambah dengan する 変更する artinya merubah.
Kosakata lain dengan kanji ini :

大変(たいへん)sangat, gawat
変体(へんたい)keabnormalan/tidak normal

Menghafalkan kosakata pakai cara dengan saling mengaitkan satu kata dengan kata yang lain misal dengan kanji yang sama, bunyi yang mirip, atau kata yang mempunyai makna yang sama. Dengan begitu kita akan sering mengulang lagi kosakata lain yang pernah kita ingat.

Oke sedikit dulu tambahannya , yang penting dipahami. 

つづく...

Jangan lupa SUBSCRIBE Channel Youtube Kelas Jepang di www.youtube.com/kelasjepang dan bagi kamu yang masih belajar JLPT N3 silakan mampir blog kami www.ayobelajar-jlptn3.com informasi seputar jepang bisa mampir di NIHON.ID

Kamu punya kesulitan dan belajar bahasa jepang dari nol? Atau kamu sedang belajar untuk menempuh ujian JLPT ? Silakan hubungi kami dan konsultasi bersama kami.

KELAS JEPANG ONLINE
Tempat Belajar Bahasa Jepang Pemula

WA : 087835554111
IG : @kelas_jepang_online

#belajarpolakalimatn5 #polakalimatn5 #polakalimatn4 #polakalimatn3 #polakalimatn2 #polakalimatn1 #kosakatan1 #kosakatan2 #kosakatan3 #kosakatan4 #kosakatan5 #kosakatajlpt #kanjin1 #kanjin2 #kanjin3 #kanjin4 #kanjin5 #tipsbelajarbahasajepang #caramenghafalkosakata #caramenghafalkanji #caramenghafalpolakalimat #belajarbahasajepangbagipemula #belajarbahasajepangseharihari #belajarbahasajepangbisnis #belajarpercakapanbahasajepang #bahasajepangseharihari #bahasajepangpemula #bahasajepangmudah #bahasajepanguntukpemula
#kelasjepang #kelasjepangonline #kelasjepangonlinepemula #kana #katakana #hiragana #kanji #kotoba #bunpo #polakalimat #belajarbahasajepang #belajarbahasajepangpemula #belajarbahasajepangdasar #belajarbahasajepanggratis #belajarbahasajepangotodidak #belajarbahasajepangsendiri #belajarbahasajepangmudah #belajarbahasajepanglewatasplikasi #belajarmenulisjepang #belajarenulishiragana #belajarmenuliskatakana #belajarmenuliskanji #belajarbahasajepangbersama #belajarbahasajepangbersamaorangjepang #belajarkanjidasar #belajarjlpt #jlpt #jlptn1 #jlptn2 #jlptn3 #jlptn4 #jlptn5 #belajarjlptn5 #belajarjlptn4 #belajarjlptn3 #belajarjlptn2 #belajarjlptn1