Melanjutkan materi sebelumnya, kali ini kita menghafal istilah-istilah yang berhubungan dengan kalender.

>>Materi sebelumnya [ Kosakata 第 2 週 1.2. 計画を立てましょう 1 ]

Kita lihat dulu pada istilah hari. Mungkin sudah hafal semua ya untuk istilah hari dilambangkan dengan kanji-kanji berikut ini.

日 /にち minggu
月 /げつ senin
火 /か  selasa
水 /すい rabu
木 /もく kamis
金 /きん jumat
土 /ど  sabtu

Kadang orang jepang mengucapkan hari hanya depannya saja seperti diatas misalnya 「どにち」berarti maksudnya adalah hari sabtu dan minggu.

土日は休みですか。Hari sabtu dan minggu apakah libur?


今日(きょう)

Artinya hari ini. Menggunakan kanji 今(いま/sekarang) dan kanji 日/hari. Kanji 今 juga ada pada kata 只今(ただいま)yang artinya sekarang atau saat ini. 

明日(あした)

明るい日 Besok 明日 adalah hari 日 yang cerah 明るい(あかるい)
Kanji 明 juga terdapat pada kata berikut.
証明書(しょうめいしょ)sertifikat
明けましておめでとうございます Ungkapan yang di ucapkan saat tahun baru.

明後日(あさって)

Artinya besok lusa. Ada kanji 後(あと/setelah)diantara 明 dan 日. Jadi setelah 後 besok 明日 adalah 明後日(あさって)Meskipun jarang ditulis menggunakan kanji, untuk beberapa tulisan bisa menggunakan kanji tersebut. Dan lebih sering ditulis menggunakan hiragana. 
asatte.tokyo
>>Baca juga [ Materi JLPT N3 Tata Bahasa ]

明々後日(しあさって)

Artinya 3 hari lagi. Jadi misalnya hari ini hari rabu, maka yang dimaksud しあさって adalah hari minggu. Jarang ditemui kata しあさって menggunakan kanji ini. Jadi kalau saya menghafalnya dari あした、あさってさって

昨日(きのう)

Artinya kemarin.  Kanji 昨(さく) mempunyai makna yang telah lalu. Kata 昨日 bisa juga dibaca dengan さくじつ. Namun untuk bahasa percakapan biasa dibaca dengan きのう. Kosakata yang biasa kita temui menggunakan kanji 昨 sebagai berikut .
昨年(さくねん)Tahun lalu
昨晩(さくばん)Malam kemarin
Kanji 昨 ini ada beberapa bentuk kanji lain, misal kanji 作る(つくる/membuat)dan pada kanji lain misalnya 咋 Karena sama-sama ada unsur karakter 乍 maka bunyinya juga SAKU, tapi maknanya lain. Biasanya karena mirip bentuknya, maka akan digunakan sebagai pilihan supaya terkecoh saat memilih jawaban pada soal sesi kanji.

 一昨日(おととい)

Artinya kemarin dulu. Hanya ditambah kanji 一 di sebelum kata 昨日 maksudnya satu 一 sebelum hari kemarin 昨日 adalah  一昨日.

一昨々日(さきおととい)

Artinya tiga hari yang lalu. Misalnya hari ini adalah 水曜日 maka 一昨々日 nya adalah 日曜日

Berikutnya adalah istilah dalam kalender satu bulan dan tahun baru.


上旬(じょうじゅん)10 hari pertama dalam 1 bulan. Tanggal 1-10. 

初旬(しょじゅん)sama dengan 上旬
中旬(ちゅうじゅん)10 hari pertengahan dalam satu bulan. Tanggal 11-20.
下旬(げじゅん)10 hari terakhir dalam satu bulan. Tanggal 21- akhir bulan.
月末(げつまつ)Akhir bulan
週末(しゅうまつ)Akhir minggu
http://www.thisone.com.hk
元日(がんじつ)Tanggal 1 Januari
元旦(がんたん)Tanggal 1 Januari pada pagi harinya
お正月(おしょうがつ)Tahun Baru
新年明けましておめでとうございます Ucapan pada saat tahun baru
年賀状(ねんがじょう)Kartu ucapan tahun baru
お年玉(おとしだま)amplop berisi uang yang biasa diberikan kepada anak-anak atau orang lain pada saat tahun baru
賀正(がしょう)Ucapan tahun baru secara tertulis
謹賀新年(きんがしんねん)Ucapatan tahun baru secara tertulis

>>Artikel lain baca juga [ Materi Kanji JLPT N3 ]

Jangan lupa SUBSCRIBE Channel Youtube Kelas Jepang di www.youtube.com/kelasjepang dan bagi kamu yang masih belajar JLPT N3 silakan mampir blog kami www.ayobelajar-jlptn3.com informasi seputar jepang bisa mampir di NIHON.ID

Kamu punya kesulitan dan belajar bahasa jepang dari nol? Atau kamu sedang belajar untuk menempuh ujian JLPT ? Silakan hubungi kami dan konsultasi bersama kami.

KELAS JEPANG ONLINE
Tempat Belajar Bahasa Jepang Pemula

WA : 087835554111
IG : @kelas_jepang_online

#belajarpolakalimatn5 #polakalimatn5 #polakalimatn4 #polakalimatn3 #polakalimatn2 #polakalimatn1 #kosakatan1 #kosakatan2 #kosakatan3 #kosakatan4 #kosakatan5 #kosakatajlpt #kanjin1 #kanjin2 #kanjin3 #kanjin4 #kanjin5 #tipsbelajarbahasajepang #caramenghafalkosakata #caramenghafalkanji #caramenghafalpolakalimat #belajarbahasajepangbagipemula #belajarbahasajepangseharihari #belajarbahasajepangbisnis #belajarpercakapanbahasajepang #bahasajepangseharihari #bahasajepangpemula #bahasajepangmudah #bahasajepanguntukpemula
#kelasjepang #kelasjepangonline #kelasjepangonlinepemula #kana #katakana #hiragana #kanji #kotoba #bunpo #polakalimat #belajarbahasajepang #belajarbahasajepangpemula #belajarbahasajepangdasar #belajarbahasajepanggratis #belajarbahasajepangotodidak #belajarbahasajepangsendiri #belajarbahasajepangmudah #belajarbahasajepanglewatasplikasi #belajarmenulisjepang #belajarenulishiragana #belajarmenuliskatakana #belajarmenuliskanji #belajarbahasajepangbersama #belajarbahasajepangbersamaorangjepang #belajarkanjidasar #belajarjlpt #jlpt #jlptn1 #jlptn2 #jlptn3 #jlptn4 #jlptn5 #belajarjlptn5 #belajarjlptn4 #belajarjlptn3 #belajarjlptn2 #belajarjlptn1