Tips saat Ujian JLPT

Saat mengerjakan soal JLPT, tidak hanya penguasaan materi saja yang harus kita perhatikan. Banyak hal lain diluar materi yang bisa saja membuat kita tidak lulus. Terutama saat mengerjakan soal. Jika kita melakukan kesalahan yang fatal, misalnya tidak bisa mengatur waktu saat mengerjakan soal, maka ini yang akan menyebabkan kita gagal dalam ujian JLPT.

Berikut ini saya bagikan tips saat mengerjakan soal Noken diluar materi.

1. PATUHI PERATURAN

Mematuhi peraturan adalah wajib anda lakukan saat ujian berlangsung ataupun sebelum ujian dimulai. Datang paling tidak 30 menit sebelum waktu ujian dimulai. Mungkin bagi petugas yang terlalu kibishii terlambat beberapa detik saja, anda tidak akan diperkenankan masuk ke dalam ruangan. Jangan lupa juga membawa kartu ujian. Anda sama sekali tidak bisa mengikuti ujian jika kartu ujian tidak dibawa. Apalagi jika anda mengikuti ujian JLPT di Jepang, foto wajah yang tercetak pada kartu dan muka anda yang asli akan benar-benar dicek. 


2. BAWALAH ALAT TULIS YANG CUKUP

Sebenarnya alat tulis cukuplah pensil dan penghapus saja. Rautan pensil saya sarankan untuk tidak dibawa. Untuk antisipasi pensil anda yang patah, bawalah paling tidak 2-3  buah sebagai spare. Waktu yang digunakan untuk meraut sangat sayang sekali terbuang sia-sia. Jika anda mengikuti ujian JLPT di Jepang, benar-benar dipastikan bahwa yang ada di atas meja hanyalah pensil (tidak boleh ada tutupnya), penghapus (cover penghapus harus dilepas), arlori (untuk timer boleh) dan kartu ujian saja. Yang lainnya harus dibawah meja atau harus dimasukkan ke dalam tas. Bahkan waktu itu Handphone juga harus dimasukkan kedalam sebuah amplop lalu diletakkan di dalam tas. 

3. BAWA ARLORI/JAM TANGAN

Ini sangat penting menurut saya, setelah apa yang saya alami ketika ujian JLPT Desember tahun lalu. Saya tidak membawa jam tangan ataupun timer. Saat saya asik mengerjakan soal dokkai, ternyata waktu habis. Dan sialnya peraturan saat mengikuti ujian JLPT di Jepang mengenai waktu, sama sekali tidak ada peringatan kecuali dua, waktu mulai dan waktu berakhir. Jadi jika anda tidak bisa melihat waktu, anda tidak bisa mengatur speed anda dalam mengerjakan soal. Speed atau kecepatan saat mengerjakan soal ini akan saya bahas pada postingan lain. Tapi jangan lupa jika anda menggunakan jam digital, matikan alarm nya.

4. FOKUS

Yang dimaksud adalah fokus pada soal yang anda baca dengan lembar jawaban yang akan anda hitamkan. Jangan sampai anda menghitamkan pada soal yang salah. Jika sudah demikian, anda sudah tidak punya waktu lagi untuk memperbaikinya. Apalagi jika anda melakukan kesalahan ini pada nomor 30 ke atas. Kalau masih 10 nomor pertama mungkin masih ada waktu. Jadi anda harus benar-benar perhatikan hal ini. 

Kemudian jangan terkecoh juga dengan format urutan jawaban 1,2,3,4 yang dua menyamping. Jangan anda bayangkan sama dengan urutan a,b,c,d format ujian di Indonesia. Selengkapkapnya bisa anda baca di Soal Pilihan Ganda Pada JLPT.

5. JANGAN RAGU-RAGU

Ada kesalahan yang dilakukan peserta ujian saat mengerjakan soal Noken. Yakni RAGU-RAGU. Kalau menurut saya ragu-ragu itu akan mempunyai prosentase SALAH 90% dan BENAR 10%. Kenapa bisa demikian? Dalam sebuah keragu-raguan akan menggoyahkan tingkat kefokusan anda. Pada kondisi seperti ini, otak akan bingung dan tidak fokus dalam berfikir. Sehingga prosentase ketepatan anda memilih jawaban akan menurun. Karena RAGU=TIDAK TAHU. Jika sudah demikian saya sarankan untuk lanjut (kosongkan jawaban jika ada kemungkinan kembali ke soal tersebut) atau pilih saja secara intuisi tidak perlu berlama-lama berfikir pada soal tersebut. Lama berfikir pada kondisi ragu-ragu hanya akan membuang waktu anda dengan percuma.

6. JANGAN KEMBALI KE MASA LALU.

Yang saya maksudkan disini adalah jangan pernah anda pikirkan lagi soal yang sudah terlewatkan. Kembali lagi seperti diatas, jangan pernah anda ragukan soal yang sudah anda kerjakan. Jangan dipikirkan lagi. Fokuskan pikiran anda pada soal yang sedang anda kerjakan saat ini. Kenapa? Masa lalu yang anda pikirkan tersebut justru hanya akan menghancurkan konsentrasi yang seharusnya tetap anda pertahankan untuk menghadapi soal berikutnya. INGAT !! mengerjakan soal Noken anda juga di kejar oleh waktu yang akan habis. Daripada anda memikirkan soal yang sudah lewat (bahkan ketika jawaban itu salah dan anda tahu yang benar) tetap fokus saja dengan soal yan berikutnya. Karena soal berikutnya akan memberikan chance yang lebih baik jika anda tetap fokus.

7. TERAKHIR BERDOALAH.

Sekuat apapun usaha anda, kuasa dan kehendak Tuhanlah yang paling utama. Jika anda sudah berusaha dan melakukan yang terbaik, maka hasil kehendak Tuhan biasanya sesuai dengan usaha anda. Jadi tetap optimislah.

Selamat belajar!

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

2 comments

comments
Anonymous
February 5, 2016 at 2:39 PM delete

jamnya jangan bunyi.. nanti dikeluarkan dari ruangan xD

Reply
avatar
February 5, 2016 at 3:05 PM delete

Nah iya itu juga jd lbh baik jangan jam digital atau pastikan alarm mati

Reply
avatar

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts