Pola Kalimat N3 第1週 1.1. ~られる、~させる 1


Kita mulai pelajaran Bunpo 第1週 dengan pola kalimat bentuk ~られる、~させる.

Yang harus kita pahami dari pola kalimat ini ada pada pola kalimat dasar pada JLPT N5 yakni perubahan bentuk ~ない. Tapi tidak akan saya bahas lagi soal ini karena saya anggap anda sekalian yang ingin belajar N3 sudah menguasai N4&N5 dengan baik. Jadi saya hanya akan mengulas sekilas saja yang mungkin banyak diantara anda yang belum tahu trik atau cara memahaminya.

1. ~られる

Pola ini sering disebut dengan 受身形(うけみけい) atau pola kalimat passive kalau dalam bahasa indonesia. Namun sedikit berbeda dengan pola kalimat pasif pada bahasa jepang dan bahasa indonesia. Sehingga saya dulu sedikit kesusahan untuk memahami pola kalimat ini. Jika dalam kalimat pasif dalam bahasa indonesia hanya ditunjukkan dengan imbuhan di- atau ter-, dan subyek - obyek berbeda posisi, dalam bahasa jepang tidaklah demikian. Yang perlu diingat dalam memahami pola kalimat ini, jangan terpaku dengan pola pasif bahasa indonesia. Karena kita membahasa pola pasif bahasa jepang, jadi cobalah pahami dengan bahasa jepang (paling efektif dengan memahami contoh kalimatnya).

Ada beberapa jenis pola pasif.

1.a. ~られる

Model pertama, biasanya jika tidak ada subjek yang jelas dari sebuah kalimat. Sebaiknya langsung saja kita pahami dari contoh kalimatnya:
この本には、くわしく説明は書かれていません
Di dalam buku ini, tidak ditulis dengan rinci penjelasannya. 
Dalam kalimat ini okelah masih bisa dipahami karena masih bisa diartikan sama dengan pola pasif bahasa indonesia, yakni ditulis. Lalu siapa yang menulis penjelasannya? Dalam kalimat diatas tidak ditulis dengan jelas siapa penulisnya, namun dengan pola kalimat ini, pastilah ada seorang penulis yang menulis buku tersebut tapi tidak menulis penjelasannya dengan rinci. Sehingga jika ditulis dengan lengkap kalimat diatas bisa menjadi:
この本には、くわしく説明は筆者に書かれていません。
Di dalam buku ini, tidak ditulis dengan rinci penjelsannya oleh pengarangnya.
Model pola kalimat pasif yang ini, oleh siapa/apa (~に)  nya tidak ditulis dengan jelas tapi kita bisa memahami. Pahami lai dengan contoh lain dibawah ini:
入学式は、このホールで行われます
Upacara penyambutan siswa baru diselenggarakan di hall ini.
これは、世界で一番大きいダイヤモンドだと言われています
Katanya (*dibilangnya), ini adalah permata terbesar di dunia. 
昔は、その考えが正しいだと思われていた
Dulu, pemikiran itu dianggap benar.
*saya beri alternatif dibilangnya supaya ada pemahaman bentuk pasif. Padahal tidak semua bentuk pasif bahasa jepang bisa diartikan sama persis dengan bentuk pasif bahasa indonesia. Jadi hati-hati dengan penafsiran ini. Pahami pola bahasa jepangnya.

1.b. N1 に~られる

Sama seperti pola kalimat diatas, namun oleh siapa/apa (~に)  ditulis dengan jelas. Supaya lebih mudah langsung lihat contoh di bawah ini:
私は 先生に  ほめられた
Saya dipuji oleh sensei. 
私は 犬に 噛まれた(かまれた)。
Saya digigit (oleh) anjing
Bersambung... 

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts