Cara Pendaftaran JLPT N3 Secara Online di Jepang 1

JLPT atau Japanese Language Proficiency Test sudah dimulai sejak tahun 1984. Saat itu baru diadakan di 15 negara dan diikuti sekitar 7000 peserta. Sampai dengan tahun 2009 JLPT hanya diadakan satu kali dalam satu tahun yakni pada bulan Desember. Kemudian mulai tahun 2010 JLPT diadakan 2 kali dalam satu tahun yakni pada bulan Juli dan Desember. Hingga pada tahun 2011, JLPT diselenggarakan di 62 negara diseluruh dunia dan diikuti oleh 610 ribu orang. Di setiap negara tanggal dan waktu ujian dilakukan serempak secara realtime sehingga menghindari praktek kecurangan dalam ujian. 

Di Jepang sendiri, juga dilaksanakan ujian JLPT ini khususnya bagi warga negara asing yang tinggal di jepang tak terkecuali bagi para kenshusei dari berbagai negara termasuk Indonesia. Periode Juli 2016 pendaftaran di buka dari tanggal 29 Maret~ 28 April 2016.

Ada dua cara pendaftaran JLPT di Jepang. Yaitu secara manual dan secara online.

1. Pendaftaran secara manual.

Pendaftaran ujian JLPT secara manual maksudnya adalah dengan mengisi formulir ujian , lalu mengirimkannya ke pusat panitia JLPT. Saya tidak bisa banyak memberikan informasi mengenai pendaftaran dengan cara ini, karena saya belum pernah mencobanya. Namun akan sedikit saja saya jelaskan mengenai cara pendaftaran sesuai dengan informasi yang saya dapatkan.

Karena cara ini harus mengisi formulir secara langsung , anda harus mendapatkan formulir ini dan biasanya dijual di toko buku besar seperti Bojinsha. Untuk alamat toko buku ini bisa dilihat disini. Jika sudah anda temukan alamat toko buku yang paling dekat dengan rumah anda, maka silahkan beli formulir JLPT tersebut. Lalu isi formulir sesuai dengan data yang dibutuhkan. Untuk bentuk formnya saya tidak bisa berikan contohnya karena saya tidak pernah melakukan pendaftaran dengan cara ini.

Setelah mengisi formulir, silahkan bayar biaya ujian dengan cara transfer di JP Bank yang pastinya sudah tercantum di dalam formulir tersebut serta tata cara dan nomor rekeningnya. Selain itu jika tidak mempunyai atm, anda bisa juga membayarnya di kantor pos terdekat. Setelah membayar kirimkan formulir tersebut ke alamat yang telah ditentukan. 

*Bagi yang melakukan cara ini jika tidak mengerti dan ingin bertanya boleh komentar di kolom komentar atau isi form hubungi kami.

2. Pendaftaran secara Online

Pendaftaran secara online ini lebih mudah. Terutama anda yang jauh dari toko buku dan susah mendapatkan formulirnya. Selain itu pendaftaran secara online, bisa mengetahui hasil ujian langsung pada hari pertama hasil ujian dikeluarkan. Karena jika mendaftar secara manual harus menunggu surat pengumuman dari pusat dikirim ke alamat kita.

Cara pendaftaran online silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini.

A. Buka homepage http://info.jees-jlpt.jp/ ( disarankan menggunakan laptop. Bisa menggunakan smartphone tapi harus dengan desktop view.) lalu klik pada kolom [ click here if you do not have MyJLPT ID, Acquisition MyJLPT ID]. Setelah klik kolom tersebut anda akan menuju halaman selanjutnya lalu pilih [ Individual ]. Setelah itu halaman berikutnya anda harus memilih bahasa dan pilih saja 英語( bahasa Inggris). Pada halaman berikutnya ada dialog mengenai Handling Personal Informastion lalu paling bawah pilih [ I Agree ].

B. Setelah klik [ I agree ] halaman berikutnya anda harus isi data sesuai gambar berikut ini:

1. [ Name ] tulislah dengan menggunakan huruf ALFABET kapital. BUKAN katakana.
2. Pilih [ Country/ Region ] atau negara asal. Klik pada kotak ungu dan pilih Indonesia.
3. Pilih [ First Language ] atau bahasa ibu. Klik pada kotak ungu dan pilih インドネシア語.
4. Pilih jenis kelamin
5. Isikan tanggal lahir.
6. Isi kode pos tempat tinggal anda saat ini. Jika kode pos tidak sesuai nanti alamat yang akan muncul akan berbeda. Karena alamat di unculkan secara otomastis oleh sistem menggunakan kode pos ini. 
7. Jika sudah memasukkan kodepos klik pada kotak ungu [ enter your address ]. Lalu akan terbuka dialog baru dan muncul alamat anda sesuai kodepos. Klik alamat tersebut lalu akan kembali ke halaman seperti diatas dan alamat bagian bawah kodepos akan terisi dengan otomastis. Tapi perlu anda lengkapi dengan nomor rumah atau nama apato dan nomor kamar. 
8. Isikan nomor telepon. Nomor telepon ini nantinya akan digunakan saat membayar biaya ujian di konbini. Jadi harus dimasukkan. Jika tidak punya boleh menggunakan nomor temannya. Dan saat membayar di konbini jangan lupa di catat. 
9. Masukkan alamat email anda yang aktif.
10. Masukkan kembali alamat email anda yang aktif.
11. Buatlah pasword dengan kombinasi huruf dan angka. Saya sarankan 3 huruf dan 3 angka saja.
12. Masukkan lagi pasword. Jangan lupa catat pasword ini. Nanti akan digunakan saat pertama kali log in.
13. Pilih [ recieve ]
14. Klik [ confirm your registration ] jika sudah yakin data sudah lengkap dan sesuai.

Pada halaman selanjutnya akan muncul data yang anda masukkan tadi, cek lagi dengan seksama. Jika sudah sesuai silahkan klik [Register]. Jika sudah klik register, nanti akan ada email masuk ke inbok. Pada email tersebut anda harus klik link yang tercantum sebagai email konfirmasi. Jika sudah berhasil, maka akan ada email lagi yang isinya ID MyJLPT anda. Catat ID tersebut, lalu kembali ke home page http://info.jees-jlpt.jp/ dan lakukan log ini menggunakan ID tersebut dan pasword yang anda buat tadi. Jika berhasil maka anda akan masuk ke beranda home MyJLPT anda. Kira-kira seperti dibawah ini. 


Sampai disini selesailah pembuatan ID MyJLPT. Untuk pendaftaran ujian JLPT nya akan saya sampaikan pada postingan berikutnya. Cara Pendaftaran JLPT N3 Secara Online di Jepang 2.

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

4 comments

comments
December 30, 2016 at 3:30 AM delete

mas saya udah masukan kode pos yg benar tapi kok ga ditemukan ya?

Reply
avatar
September 27, 2017 at 1:27 AM delete

Apakah nomer telepon bisa dengan telepon rumah ?thx

Reply
avatar

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts