Beberapa Kesalahan Saat Belajar Kanji 2

2. You dont Learn Your Kanji Radicals./ Anda tidak belajar mengenai BUSHU dalam kanji.

Hal ini bisa saya rasakan saat saya belajar di bangku kuliah. Saat mata kuliah kanji, saya jarang sekali mendapat penjelasan mengenai bushu. Padahal kemampuan dasar belajar kanji , bisa diperoleh dengan mempelajari bushunya.

Pentingnya memahami bushu kanji adalah untuk mempermudah kita mengidentifikasi makna. Identifikasi seperti apakah yang dimaksud?

Saya akan mencoba memberikan contoh mudahnya seperti berikut ini. 

Perhatikan kanji-kanji berikut ini:

酒、泡、汗、涎

Mungkin bagi yang baru belajar kanji jika melihat kanji diatas dianggap sebagai kanji yang susah. Tapi jika kita sudah tahu cara memahaminya, hal ini akan menjadi menarik dan pasti akan ketagihan dalam belajar kanji. Yang bisa saya jelaskan dari keempat kanji diatas adalah persamaan bushu/radikal. Lihat pada bagian kiri disetiap kanji. Ada karakter yang seperti titik berjumlah 3. Karakter tersebut adalah bushu dari kanji itu dan bushu itu sering disebut dengan さんすい(3水)atau tiga titik air. Sehingga tiga titik tersebut adalah menyimbolkan bentuk sederhana dari 水(みず). Lalu keterkaitan bushu dan makna dari mana?

Keampat kanji diatas jika diartikan, (dari sebelah kiri) adalah sake, buih, keringat, air liur. Hubungan yang sejenis dari keempat kanji tersebut adalah sama-sama berbentuk cairan yang disimbolkan dari karakter tiga titik air (bushu air) tersebut. Jadi dengan memahami bushu ini, paling tidak kita mempunyai gambaran saat menghafal makna kanji. Meskipun tidak mutlak semua dengan mudah dipahami dengan cara seperti itu. Dan cara semacam ini saya selalu menyebutnya dengan ilmu titen (cara memahami dengan identifikasi karakteristik yakni persamaan atau perbedaannya).
Memahami bushu sebenarnya tidaklah sulit. Jumlahnya hanya beberapa ratus saja dan tidak semua perlu kita pahami. Dan bushu-bushu yang sering kita temui sebenarnya adalah kanji yang bisa berdiri sendiri dan memiliki makna. Namun bisa juga menjadi kanji yang biasanya menempel dengan bentuk karakter lainnya sebagai bushu. Bisa kita lihat dengan contoh berikut ini.

日 >> 曜、暗、明、昇

Deretan kanji sebelah kanan mempunyai karakter yang sama dengan kanji disebelah kiri 日. Sama juga seperti kanji berikut ini.

山 >> 岩、峰、島、岸
人 >> 使、便、任、仕
月 >> 背、腕、腹、脳

Saya menemukan metode ini dari kamus kanji Nelson. Karena memang dalam langkah pencarian karakter kanji, kamus ini harus bisa mengidentifikasi bushu dari sebuah kanji. Jika tidak tahu bushunya, maka akan sangat sulit menemukan kanjinya. Jadi itulah alasan mengapa saya sangat merekomendasikan kamus kanji Nelson ini. Dari kamus itulah, kemampuan kanji saya bisa lebih baik.

Bersambung...

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts