Untuk melengkapi materi dalam pembelajaran pada website ini, saya akan sampaikan juga materi Kanji untuk kita pelajari bersama. Namun dengan sedikit metode yang berbeda, kali ini akan saya sampaikan dengan teknik imajinatif dengan beberapa gambar. Sehingga yang perlu anda lakukan saat belajar kanji melalui website ini adalah berimajinasi dengan cara Anda sendiri sesuai dengan petunjuk yang saya sampaikan. Saya tidak akan menampilkan ON-kun dan cara penulisan pada pelajaran ini, tapi silahkan hafalkan pada kosakatanya. Jika memang diperlukan, akan saya sampaikan poin-poin pentingnya mengenai ON-kun pada kanji N3 ini.

Selain materi kanji N3 yang saya sampaikan, saya juga akan berusaha menjelaskan beberapa kosakata yang mungkin butuh sedikit penjelasan supaya mudah dimengerti. Nomor yang saya cantumkan disebelah kiri kanji yang saya beri ukuran besar akan saya urutkan dari awal mulai pelajaran ini, sampai dengan berakhirnya materi kanji pada website ini.

Format slide yang akan saya gunakan untuk menjelaskan materi Kanji N3 kali ini.




Pada 第一週 ini kita akan membahas mengenai kanji-kanji yang biasa muncul di tempat umum terutama di 駐車場(ちゅうしゃじょう). 

1. 駐 

Kanji ini terbentuk dari 2 karakter yakni 馬(うま)yang artinya kuda;dan 主(ぬし)yang artinya pokok. Bushu kanji ini pada karakter 馬.

Arti kanji ini adalah berhenti; tinggal di~. Kunyomi kanji ini とどまる memiliki makna berhenti. Namun bunyi kunyomi ini sangat jarang digunakan dan yang sering digunakan adalah 止まる(とどまる・とまる). Jadi kunyomi kanji ini jangan terlalu diambil pusing. Hafalkan onyomi kanji ini dari kosakata contohnya.

車(ちゅうしゃ) Parkir
車場(ちゅうしゃじょう) Tempat parkir mobil
場(ちゅうりんじょう) Tempat parkir motor/sepeda
* Kanji memiliki makna roda. Biasanya akan sering ditemui pada tempat parkir sepeda di Jepang.



Onyomi ちゅう identik pada karakter pembentuk kanji diatas yakni pada karakter 主. Bisa kita lihat pada kanji-kanji lain yang memiliki karakter yang sama dan mempunyai onyomi yang sama misal pada kanji : 注、柱、註. Meskipun tidak semua mengikuti aturan ini, namun ini bisa digunakan untuk mengingat bunyi onyomi dengan melihat karakter yang sama (selain bushu) yang membentuk kanji tersebut. Ini efektif untuk bunyi pada kanji yang terbentuk dari 2 atau lebih karakter. Seperti kanji diatas 駐 terdiri dari kanji 馬 dan 主.

2.

Bushu kanji ini ada pada karakter paling bawah yang seperti 4 titik api (火). Kunyomi kanji ini yang sering kita dengar adalah ない・なし. Jadi kanji ini memiliki makna tidak ada/tediadaan.

無し(なし) yang artinya tidak ada, biasanya digunakan pada saat mengatakan ketidakadaan sesuatu. Misalnya : 砂糖無し(さとうなし) tanpa gula, bisa digunakan ketika ingin memesan minuman tanpa gula. Atau jika dibilang 無し(なし) berarti tidak ada/tanpa. Kata ない (bentuk biasa dari ありません) juga menggunakan kanji ini. Tapi kata ない  yang menempel pada kata kerja misalnya 働かない(はたらかない tidak lazim ditulis dengan kanji ini.

Onyomi kanji ini silahkan hafal dari kosakata berikut ini.

理(り) Tidak mungkin
駄(だ) Pemborosan/kesia-siaan
休(きゅう) Tidak ada libur
料(りょう) Gratis/tanpa biaya
事(じ) Aman/selamat
沙汰(ごさた)=お久しぶりですね Lama tidak berjumpa ya...




Entah kenapa jika saya melihat kanji saya bisa mengingat bunyi onyomi ム dengan imajinasi seperti pada gambar disamping.

Bentuk karakter yang atas seperti huruf M. Tapi selain MU ada bunyi lain yakni BU seperti pada kata 無事(ぶじ)

Cara menghafal ini bebas sesuai dengan daya imajinasi anda.


3. 

Kanji ini pertama kami saya lihat pada saat saya lewat dipinggir tempat parkir ketika saya masih di Osaka. Banyak sekali tempat parkir bisa dijumpai di Osaka. Dan yang paling menyolok dari tempat parkir tersebut adalah kanji ini 満. 

Kanji ini artinya penuh. Di tempat parkir biasanya akan sering anda temui kata 満車(まんしゃ) alias parkirannya penuh. Lawannya adalah 空車(くうしゃ) alias masih ada parkir yang kosong. Namun biasanya keterangan ini hanya ditunjukkan dengan kanji pertamanya saja dan jika di tulis dengan banner lampu kanji 満 akan di tunjukkan dengan warna merah dan kanji 空 akan di tunjukkan dengan warna hijau. Jadi jika anda melihat kanji 満 di sebuah tempat parkir, maka anda tidak perlu repot masuk karena tidak akan anda temukan tempat parkir yang kosong.

Kanji 空 juga bisa dibaca そら yang artinya langit. Atau bisa juga dibaca から yang artinya kosong.

Kosakata yang bisa dibentuk dari kanji di atas sebagai berikut:

満車(まんしゃ) Parkir penuh
空車(くうしゃ) Ada parkir kosong
空港(くうこう) Bandara
不満(ふまん)         Kecewa
満足(まんぞく) Puas
航空便(こうくうびん) Pos Udara
満月(まんげつ) Bulan Purnama
満開(まんかい) Bunga (sakura) yang mekar seluruhnya
満員(まんいん) Penuh orang

menghafal bunyi juga bisa dari
bentuk kanji tersebut

Berikut ini beberapa poto penggunaan kanji-kanji di atas.







Sekian jika ada hal yang kurang jelas silahkan ditanyakan pada kolom komentar. 

Jangan lupa Like dan SUBSCRIBE Channel Kelas Jepang klik www.youtube.com/kelasjepang dan kunjungi blog Bahasa Jepang Dasar www.kelasjepang.xyz

Bagi Mina san yang mau konsultasi GRATIS seputar materi N3 silakan hubungi penulis.

Slamet Riyadi
WA087835554111
surametoriyadi@gmail.com