Pola Kalimat JLPT N3 第1週6−2〜ようとする;〜ようとしない

Melanjutkan pola kalimat sebelumnya. Kali ini pola 〜よう dikombinasi dengan 〜とする 
Mari kita mulai dengan contoh kalimat.
pola kalimat ~youtosuru


2. 〜ようとする

Pola kalimat ini divariasi menjadi 3, 〜ようとする;〜ようとしている dan 〜ようとした Makna dari pola kalimat ini intinya adalah sesaat sebelum kata kerja tersebut terjadi. 
Kita akan mencoba membahas satu persatu melalui contoh kalimat.
pola kalimat n3
電車に乗ろうとした時に、ドアが閉まって乗れなかった。 
Saat saya baru saja mau naik kereta, pintunya tertutup sehingga saya tidak bisa naik .
Saya memahami kalimat diatas seperti ini.
Saya mau naik kereta. Namun sesaat saya baru mau masuk kereta, tiba-tiba pintunya tertutup. Jadi jaraknya sudah sangat dekat. Mungkin sudah menaikkan kaki mau masuk ke dalam kereta, tetapi pintunya sudah tertutup terlebih dahulu. Sehingga kata kerja 乗る ini belum terjadi.
 Lalu kita coba pada contoh kalimat kedua.
あ、ポチがあなたの靴を噛もうとしているよ。Sepertinya anjing itu mau menggigit kamu. 
Pada kalimat pertama menggunakan variasi 〜ました yang pada dasarnya sesuatu yang telah terjadi. Nah kalau 〜ようとしてる ini, saya menangkap maknanya hanya berbeda jarak timingnya saja dengan kalimat pertama. Jadi "mau menggigit"nya masih lebih jauh dari proses "naik kereta" pada kalimat pertama. Begitu pula pada kalimat ketiga berikut ini.
ポチは、ぼくがでかけようとすると、吠える。Anjing saya akan menggonggong kalau saya mau keluar.
Mungkin baru melihat saya siap-siap mau pergi, anjing saya menggonggong. Karena tahu saya akan pergi. Tetapi kondisinya saya belum keluar dari rumah.

Nah begitulah yang bisa saya pahami dari 3 variasi pola kalimat ini. Silakan jika ragu, cari referensi lain. Yang pasti maknanya bisa kita simpulkan "Mau me~" hanya berbeda pada timing kejadiannya saja.

3. 〜ようとしない

Maknanya hampir sama seperti pola kalimat di atas tapi bentuk negatifnya "tidak mau me~". Untuk memahaminya langsung saja perhatikan pada contoh kalimat berikut.
pola kalimat jlpt n3
「ポチ、どうしたんだろう。ご飯を食べようとしないんだよ」Kenapa ini anjingnya kok tidak mau makan.
Makna tidak mau makan ini bukan karena anjingnya tidak suka. Akan tetapi mungkin karena terjadi sesuatu misalnya sakit, sehingga tidak mau makan. Sama seperti contoh kalimat berikut.
彼は、自分のことは何も言おうとしないDia tidak mau mengatakan tentang dirinya. 
Begitulah kira-kira yang bisa saya pahami dari pola kalimat ini. Jika ada kesalahan silakan diperbaiki melalui kolom komentar supaya kita bisa menemukan pemahaman yang lebih baik.

Sekian, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk mina san yang mau menempuh JLPT N3 tahun ini. Jangan lupa untuk SUBSCRIBE channel Kelas Jepang dan nantikan video terbaru JLPT N3. Klik www.youtube.com/kelasjepang


belajar pola kalimat n3

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

New
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts