Pola Kalimat JLPT N3 第1週6−1〜ようと思う

おはようございます、皆さん。お元気ですか。N3の勉強はどう?合格まで、頑張ってくださいね。また次回のN3のぶんぽうを続きましょう。
pola kalimat jlpt n3
Masuk ke pola kalimat berikutnya, kita akan membahas pola kalimat 〜ようと思う;〜ようとする;〜ようとしない Untuk memahami pola kalimat ini, mari kira coba untuk kembali mengulang cara pembentukan kata kerja 〜よう . Cara perubahan kata kerja ini bisa dilihat pada gambar berikut ini.
pola kalimat n3
Pola kata kerja ini selain memiliki makna "ajakan", juga memiliki makna "sesuatu yang baru akan dilakukan". Dan pada pola kalimat ini, kita mengacu pada makna kedua yakni sesuatu yang baru akan dilakukan. Mari kita bahas  variasi pola kalimatnya satu persatu.

1. Pola Kalimat 〜ようと思う


Pola kalimat ini memiliki makna suatu rencana yang akan dilakukan di masa yang akan datang. Dengan kombinasi 〜と思う ini maka memahami maknanya akan lebih mudah. Seperti yang kita tahu pola 〜と思う maknanya " saya pikir ~". Disinilah hal yang akan dilakukan di masa datang tersebut memang sudah dipikirkan. Sehingga akan berbeda dengan pola kalimat yang sama-sama dilakukan dimasa datang. Misalnya bandingkan kalimat di bawah ini dan resapi maknanya satu persatu :
会社をやめる
会社をやめたい。 
会社をやめようと思ってる

Sama-sama belum berhenti bekerja, namun sedikit berbeda maknanya. Silakan dipahami sampai paham perbedaannya.
pola kalimat jlpt n3
Pola kalimat 〜ようと思う ini, maknanya hampir sama dengan 〜つもり sehingga bisa juga dengan bilang :
会社をやめるつもりです。
Nah untuk bagian kedua akan saya sampaikan pada artikel berikutnya, supaya tidak terlalu banyak materi dalam satu artikel.  Jangan lupa untuk subscribe channel youtube kita "Kelas Jepang" klik www.youtube.com/kelasjepang . Like dan share videonya ya. 

Mudah-mudahan bermanfaat untuk semuanya. Sekian.

つづく
pola kalimat jlpt n3

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts