Pola Kalimat JLPT N3 第1週 5 〜ように

Pola kalimat kali ini masih ada hubungannya dengan pola kalimat sebelumnya pada artikel POLA KALIMAT N3 第1週 4.1 ~ように dan POLA KALIMAT N3 第1週 4.2 〜ようにする・〜ようになる.
Pola Kalimat JLPT N3
Meskipun sama-sama menggunakan ように, pola kalimat kali ini berbeda dari  pola kalimat sebelumnya. Pola 〜ように yang akan kita bahasa kali ini mengandung beberapa makna. Untuk lebih jelasnya akan kita bahasa melalui contoh kalimat.

1. KB+のように〜・KKる+ように〜
Pola Kalimat JLPT N3
Pola 〜ように yang ini memiliki makna "seperti~". Intinya adalah sesuai dengan hal sebelum kata 〜ように. Biasanya digunakan sebagai keterangan pada kalimat. Untuk modifikasi lain, partikel に disini bisa diganti dengan atau だ(です).

Misalnya seperti kalimat berikut ini.

皆様が知っているよう話しです。Cerita yang seperti Anda tahu.
皆様が知っているようSeperti yang Anda tahu.

Perbedaannya adalah :
  • Jika diikuti denganmaka harus ditambah kata benda. Karena 〜よう tersebut menjadi seperti kata sifat ~な  yang jika diikuti kata benda maka menggunakan .
  • Jika diakhir kalimat, harus diakhiri dengan atau です.
2. KKる+ように・KKない+ように
Pola Kalimat JLPT N3
〜ように pada kalimat ini terletak pada akhir kalimat. Yang perlu diperhatikan adalah pada bentuk kata kerja sebelum 〜ように serta letaknya. Jika pada pola kalimat 〜ように pada poin pertama, biasanya terletak di tengah kalimat dan menjadi keterangan. Kalau 〜ように yang ini berada di akhir kalimat dan kata kerja yang menyertainya dalam bentuk biasa 〜る dan 〜ない. Dan maknanya "harap untuk me~; harap untuk tidak me~". Contoh kalimat bisa dilihat pada gambar di atas.

3. KKます+ように・KKません+ように
Pola Kalimat JLPT N3
Hampir sama dengan poin kedua. 〜ように yang ini ada di akhir kalimat. Akan tetapi kata kerja yang menyertainya dalam bentuk 〜ます・〜ません. Bisa dimaknai dengan "mudah-mudahan~; mudah-mudahan tidak~".

Bagaimana? Apakah bisa dipahami? Jika masih bingung silakan ditanyakan di kolom komentar.
Pola Kalimat JLPT N3
Jangan lupa SUBSCRIBE dan LIKE chanel youtube Kelas Jepang klik www.youtube.com/kelasjepang

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts