Sekilas Mengenai JLPT

JLPT atau Japanese Language Proficiency Test sudah dimulai sejak tahun 1984. Saat itu baru diadakan di 15 negara dan diikuti sekitar 7000 peserta. Sampai dengan tahun 2009 JLPT hanya diadakan satu kali dalam satu tahun yakni pada bulan Desember. Kemudian mulai tahun 2010 JLPT diadakan 2 kali dalam satu tahun yakni pada bulan Juli dan Desember. Pada tahun tersebut, sistem pelevelan Ujian Kemampuan Bahasa Jepang ini dibagi menjadi 5 yang sebelumnya hanya 4 (4級、3級、2級、1級). Pelevelan yang sebelumnya menggunakan 級(きゅう) dirubah menjadi N (New Nihongo) yang terdiri dari N5, N4, N3, N2, N1 . Perbedaan pada sistem baru ini bisa dilihat pada N3 yang posisinya membagi antara 3級 dan 2級 yang pada sistem lama perbedaan materinya sangat jauh. Pada sistem baru, N5 setara dengan 4 級 dan N1 tetap sama dengan 1 級 pada sistem lama. Hingga pada tahun 2011, JLPT diselenggarakan di 62 negara diseluruh dunia dan diikuti oleh 610 ribu orang.

( Baca juga artikel : Referensi Buku N3 )

Tes yang diujikan ada 5 elemen. Kanji 漢字, Kosakata 語彙, Tatabahasa 文法, Reading 読解, dan Listening 聴解. Pada ujian N3, 5 elemen tersebut dibagi jadi 3 sesi. Sesi pertama adalah kanji, kosakata dan tatabahasa. Sesi kedua adalah reading, dan sesi ke tiga adalah listening. Sistem penilaian di jelaskan pada gambar berikut.


Disetiap sesinya minimal skor yang harus dicapai untuk lulus adalah 19 point. Apabila kurang dari 19 point, meskipun total sudah melampaui 95 point , maka akan tetap dianggap gagal.

Mengenai level yang ada dalam JLPT ini saya mempunyai pendapat yang akan saya ilustrasikan seperti pada gambar berikut ini:

grafik tingkat kesulitan pada JLPT

1. N5

Pada level ini bisa dikatakan sebagai level yang paling dasar dalam bahasa  jepang. Level ini masih mengenai pengenalan huruf dan kosakata mudah. Kanji hanya sedikit yang dipelajari. Meskipun mudah, materi pada level ini harus benar-benar dikuasai karena untuk level yang lebih tinggi, biasanya akan mengandung unsur dari materi yang lebih mudah, seperti pada pola kalimat dan kanjinya.

2. N4

N4 menjadi batu loncatan untuk menuju level N3. Dari level N5 menuju ke N4 sebenarnya sudah cukup banyak perubahan dari segi tingkat kesulitannya. Materi yang dipelajari memang masih dalam tahap penyesuaian bahasa jepang. Jika digunakan dalam komunikasi sehari-hari di jepang, akan masih terasa kurang. Namun pada level ini wajib dikuasai 100% jika kita akan menuju ke level N3. Sertifikat N4 biasanya masih belum berpengaruh banyak saat kita mencari pekerjaan di bidang bahasa jepang.

3. N3

N3 saya sebut sebagai jembatan menuju bahasa jepang yang lebih serius. Kosakata yang harus dikuasai cukup bervariasi. Jika kita sudah menguasai bahasa jepang pada level atau tingkat ini, kita akan lebih mudah beradaptasi jika datang ke jepang. Pada level inilah saya masuk pertama kali di jepang. Meskipun secara verbal , kemampuan kaiwa saya masih sangat kurang, saya masih mempunyai kemampuan kanji yang lumayan sehingga saya bisa memanfaatkannya dan memudahkan saya dalam menjalani kehidupan di jepang pertama kalinya. Meskipun demikian kedua kemampuan tersebut harus bisa kita kuasai untuk bisa menjalani kehidupan di jepang ini dengan lebih mudah.

Bagi anda yang ingin serius menuju level yang selanjutnya yakni N2, saya sangat menyarankan untuk benar-benar memahami isi materi yang ada pada N3 ini. Karena saat saya mempelajari materi N2, ternyata banyak materi dari N3 yang sengaja dimunculkan kembali. Dan sebaliknya ada juga materi N2 yang sudah diperkenalkan pada level N3. Sehingga jika anda sudah menguasai paling tidak 80% dari keseluruhan materi N3, maka untuk mempelajari N2 saya kira anda tidak akan mengalami banyak kesulitan. Hubungan antara level N3 dan level N2 saya ilustrasikan seperti pada gambar di bawah ini.



4. N2

Tahun lalu saya mengikuti ujian JLPT level ini. Dan memang karena banyaknya materi yang harus dikuasi, maka memang tidak heran jika harus membutuhkan banyak waktu untuk belajar pada level ini. Akan tetapi seperti yang saya sampaikan sebelumnya, jika sudah menguasai level N3 maka tidak akan ada kesulitan pada level ini.

5. N1

Saya masih belum mempelajari materi N1 ini. Sehingga belum bisa me-review mengenai isi materi pada level N1.

Sekian semoga bisa dijadikan referensi dalam menghadapi ujian JLPT N3.

( Baca juga artikel : Materi Yang Diujikan dalam JLPT )

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

5 comments

comments
February 3, 2016 at 11:22 PM delete

N2 sama N3 beririsan
digambarkan dalam diagram venn :-)

Reply
avatar
April 19, 2016 at 9:22 AM delete

sensei, untuk JLPT di Indonesia, diadakan dimana saja ya?

Reply
avatar
April 19, 2016 at 4:14 PM delete

konnichiwa,
bisa dilihat di official websitenya:
https://www.jlpt.jp/e/application/overseas_list.html
terima kasih

Reply
avatar
November 11, 2017 at 7:07 PM delete

lama belajar untuk JLPT N3 dalam 1 hari berapa jam ya ? terus totoal berapa jam untuk menguasai nya?

Reply
avatar

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts