Contoh Soal JLPT N3 問題 2 (2.2)


Lanjut ke contoh soal JLPT N3 問題2nomor 11 dan 12.

⑪ わたしはけんこうのために毎日走っています。

1.健康   2.建康   3.健庫   4.建庫

Pada soal nomor 11, yang ditanyakan adalah kanji untuk kata けんこう. Melihat pilihan jawabannya, kanji yang dijadikan pengecoh awal adalah kanji 建 dan 健 yang bentuknya sangat mirip namun mempunyai arti yang berbeda 健(Sehat)建(Membangun). Setelah menentukan kanji pertama dalam kalimat soal tersebut, tinggal menentukan kanji keduanya apakah 康 atau 庫. Yang satu berbunyi panjang yang satu berbunyi pendek dengan arti yang berbeda, 康(Kesehatan)庫(Gudang). Sebenarnya akan mudah menentukan kanji keduanya jika kita sudah memahami maknanya. Jika saya yang mengerjakan soal ini, saya akan lebih bingung untuk menentukan kanji pertamanya. Sedangkan kanji keduanya saya akan mudah menebaknya dari artinya. Kanji 庫 saya mengingatnya dari kata 冷蔵庫(れいぞうこ)atau Kulkas, yang pada fungsinya adalah untuk menyimpan makanan atau minuman yang harus selalu dalam keadaan dingin. Dengan mengingat kata Kulkas itu saya mengingat makna kanji 庫 adalah seperti kulkas yang fungsinya untuk menyimpan atau meletakkan barang atau bisa diartikan gudang. Sehingga jika melihat soal diatas berdasarkan konteksnya, maka saya tidak akan memilih jawaban yang kanji keduanya ada kanji ini (庫). Sehingga jawaban akan tereliminasi menjadi antara 1 dan 2.

Lalu untuk menentukan kanji pertamanya, kita harus dengan teliti melihat kanjinya. Jangan terlalu terburu-buru memilih jawaban pada soal dengan model seperti ini (mengecoh dengan bentuk yang mirip). Okelah jika memang sudah tahu kanji tersebut. Namun ada momen disaat kita terburu-buru, justru tingkat kefokusan pikiran akan melemah yang membuat mata tidak jeli melihat. Kasus ini sangat sering didalam ujian dan bisa jadi penyesalan mendalam kalau jawaban yang dipilihnya salah. Meskipun sudah sangat yakin jawaban yang benar. Jadi lebih baik kita tetap fokus dalam mengerjakan soal ujian JLPT ini.

Kosakata yang bisa di buat dari kanji-kanji soal nomor 11:

設(けんせつ)Pembangunan
物(たてもの)Bangunan/Gedung
築家(けんちくか)Arsitek
冷蔵(れいぞうこ)Kulkas
(ざいこ)Stok barang
(そうこ)Gudang

⑫ 今年の春はきおんが高かった。

1.気湿   2.気温   3.気湯   4.気混

Pada soal nomor 12 jawaban nya bisa lebih mudah di eliminasi karena keempat jawabannya kanji pertamanya sama yakni 気. Lalu kanji keduanya , kita di kecohkan dengan kanji yang mempunyai bushu yang sama yakni karakter tiga titik air atau bushu air serta karakter yang sama pada kempat jawabannya tersebut. Jika di jajarkan lagi seperti dibawah ini:

湿 温 湯 混

Perhatikan baik-baik karakter yang sama. Persamaan tersebut lah yang mengetes kejelian mata kita saat melihat kanji. Dari keempat kanji diatas ada dua karakter yang sama pada keempat jawaban diatas. Yakni Bushu air dan karakter 日. Dan saya sering dibuat bingung dengan dua kanji ini, 湿 dan 温 . Sehingga jika saya mengerjakan soal tersebut saya akan cenderung salah memilih karena dua karakter tersebut mirip.

Dari soal nomor 12 bisa kita temukan kosakata lain:

(にんき)Terkenal
(げんき)Sehat
(てんき)Cuaca
(くうき)Udara
湿度(しつど)Kelembaban udara
湿(こうおんたしつ)Kondisi panas pada musim panas yang panas dengan kelembaban tinggi
乱(こんらん)Kacau
飲み(ゆのみ)Cangkir untuk air hangat
度(おんど)Suhu udara
泉(おんせん)Pemandian air panas

Sekian semoga bisa mudah dipahami dengan penjelasan diatas.

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts