Cara Pembayaran Biaya Ujian JLPT ( Pendaftaran Online )

Setelah anda melakukan pendaftaran ID MyJLPT dan sudah mendaftarkan ujian sesuai level yang anda inginkan, maka anda akan menerima nomor pembayaran yang digunakan untuk membayar biaya ujian. Tempat pembayaran adalah tempat yang sudah anda pilih saat mendaftar ujian. Pada contoh yang saya jelaskan, saya memilih LOWSON sebagai tempat pembayaran biaya ujian JLPT.

Di konbini Lowson biasanya ada mesin otomatis seperti ATM yang disebut Loppi. Mesin ini berwarna merah dan dari tulisan [Loppi] anda bisa mengenalinya dengan cepat. Biasanya diletakkan dekat dengan mesin ATM. Mesin loppi ini yang akan kita gunakan untuk pembayaran biaya ujian JLPT. Selain itu biasanya juga digunakan untuk membayar pembayaran online lainnya.

Jika anda ingin membayar , yang perlu dipersiapkan adalah [Payment Receipt Number] dan nomor handphone yang anda daftarkan. Payment Receipt Number biasanya ada 6 digit angka yang digunakan untuk membayar. Nomor ini bisa kita lihat pada akhir halaman setelah semua selesai diisi pada saat mendaftar ujian atau pada email konfirmasi. Lalu ketika anda sudah sampai ke lowson, carilah mesin yang bernama Loppi atau coba tanyakan ke petugas jika anda tidak mengerti dimana mesin tersebut berada.

Jika sudah menemukan mesin Loppi, silahkan masuk ke layar utama yang akan terlihat kira-kira seperti pada gambar di bawah ini:


1. Pada layar utama, pilihlah kolom yang paling kiri [各種番号をお持ちの方]. Jika pada saat awal anda datang layar tidak menampilkan seperti pada gambar diatas, maka sentuhlah layar sekali hingga muncul menu utama seperti gambar diatas.

2. Pada layar berikutnya, masukkan 6 digit nomor pembayaran atau Payment Receipt Number yang anda dapatkan pada saat mendaftar ujian dengan menekan papan angka seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Payment Receipt Number, silahkan lihat pada Cara Pendaftaran JLPT N3 Secara Online di Jepang 2 dan lihat pada penjelasan no 13. Jika sudah memasukkan 6 digit angka tersebut lalu tekan [次へ] pada pojok kanan bawah.


3. Setelah itu pada layar berikutnya anda harus mengisi nomor telepon yang anda isikan pada saat mendaftar ID MyJLPT. Jika sudah diisi tekan [次へ].

4. Lalu layar berikutnya akan tertera nama anda serta jumlah nominal yang harus dibayarkan. Jika tidak berhasil maka tidak akan ada nama anda pada layar tersebut. Bisa jadi nomor yang anda masukkan salah. Jika demikian cek lagi nomor pembayaran dan nomor telepon anda. Lalu ulangi dari step awal. 


5. Jika sudah sesuai maka silahkan tekan kotak kuning pada pojok kanan bawah. lalu beberapa saat akan keluar resi dari mesin. Lihat pada gambar di bawah ini. Lalu bawa resi tersebut ke kasir untuk melakukan pembayaran (pembayaran hanya bisa dilakukan dengan cash). Jika sudah membayar ke kasir jangan langsung pergi  karena anda harus mendapatkan bukti pembayaran seperti pada gambar dibawah ini.


Bukti pembayaran ini simpanlah dengan baik.
Sekian, cara pembayaran biaya ujian untuk pendaftaran JLPT secara online di Jepang. Jika masih belum jelas dari pembuatan MyJLPT ID silahkan baca lagi di Cara Pendaftaran JLPT N3 Secara Online di Jepang 1.

Jika ada hal yang kurang jelas silahkan tanyakan di kolom komentar. Terima kasih.

Pengalaman selama di Jepang, mengajari saya tentang banyak hal. Terutama dalam belajar bahasa jepang. Semoga artikel dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Ikoma, 2 Febuari 2016

Bagikan

Artikel Terkait

NEXT
« PREV
PREV
NEXT »

Silahkan jika ada yang ditanyakan atau masukan, tuliskan di kolom komentar.
Terima kasih.

Popular Posts