T


Lanjut untuk kosakata pada Bab 4.

濡らす(ぬらす)・濡れる(ぬれる)


Jangan bingung dengan pasangan transitif dan intransitif ini. Saya selalu menghafal pasangan jenis kata ini hanya dengan menghafal contoh kalimatnya, misalnya:
ふきん濡らす Membasahi kain lap
ふきん濡れる Kain lapnya basah 
kosakata dan kotoba jlpt n3

Saya ingat kanji ini dari karakter yang membentuknya. Tiga titik air disebelah kiri 水. Hujan雨 di kanan atas. Karakter kiri bawah 而. Saya menghafal kanji ini dengan melihat karakter air dan hujan. Jika kena air (水)atau kehujanan(雨) biasanya benda akan BASAH(濡れる) . 

kosakata jlpt n3


BACA JUGA :



絞る(しぼる)


kotoba n3

Jika terlalu susah, anda bisa menggunakan cara anda sendiri. Tapi tetap saya sarankan supaya anda mengusahakan menghafal bentuk kanji ini. Karena jika anda tidak hafal kanjinya sekalipun , anda akan hafal bunyinya yakni しぼる yang artinya memeras.

拭く(ふく)


Terdiri dari dua karakter yakni 手 dan 式. Saya menghafal makna kata ini yang saya bayangkan adalah TANGAN yang sedang mengelap sesuatu. Kanji 式 memiliki makna bentuk. Bentuk kanjinya tidak begitu rumit. Saya menghafal kosakata dengan lebih mudah jika saya tahu kanjinya. Karena jika hanya menghafal menggunakan hiragana, ada kalanya banyak kata yang sama tapi beda maknanya. Misalnya pada kanji berikut ini:

服 拭く 吹く 噴く 葺く

kosakata jlpt n3


Kata diatas semuanya mempunyai cara baca ふく. 

Salah satu cara membedakannya adalah dengan kanjinya. Sehingga saya akan sering memunculkan kanji yang mungkin tidak ada dalam buku N3, supaya anda lebih memahami bagaimana cara menghafal. Meskipun demikian, tidak semua kosakata bisa dengan mudah saya temukan cara menghafalnya.

磨く(みがく)

kosakata n3

Kalau kanji yang satu ini, saya melihatnya dari bentuk 石(いし) yang artinya batu. Bushu kanji ini pada karakter 麻(あさ)yang artinya jerami. Adakah keterkaitan antara BATU dan JERAMI dalam MENGGOSOK? Silahkan berimajinasi.



擦る(こする)


Kanji yang rumit ini jika dipilah bisa menjadi beberapa bentuk yang mudah. Pada dasarnya kata ini terdiri dari dua karakter 手 dan 察(さつ). 察 ini adalah kanji pada kata 警察(けいさつ) yang artinya polisi. 察 jika dipilah lagi terdiri dari dua karakter, yakni karakter atas yang seperti topi/atap dan kanji 祭り(まつり) yang artinya perayaan.





Sedikit susah menjabarkan maknanya. Tapi hampir sama dengan kata 磨く. Kalau saya sendiri menganggap pada tiga kata ini 拭く、磨く dan 擦る ada hubungannya. Yakni sama-sama menempelkan benda satu ke benda lainnya dengan memberikan tekanan dan gerakan. Bedanya, kalau 拭く biasanya menggunakan kain, 磨く menggosok permukaan untuk menghilangkan noda, kalau 擦る menggosok benda dengan menggunakan benda lain. Lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini:
ふきんで拭く
歯を磨く
目を擦る 
Mungkin dengan contoh diatas kita bisa melihat perbedaannya.

揃える(そろえる)

Artinya menyusun. Kanjinya terdiri dari 手 dan 前(まえ)jadi tangannya di depan sambil MENYUSUN sesuatu. Begitulah cara menghafalkannya sambil bayangkan kamu menyusun sendal-sendal ini.


燃える(もえる)・燃やす(もやす)


Saya menghafal kanji ini dari 火+然.  Kanji 然 ini saya temukan dari kata 全然(ぜんぜん).
 





面倒くさい(めんどうくさい)



面 artinya permukaan. 倒 artinya roboh. 面倒くさい artinya RIBET. Kalau sudah roboh (倒れる(たおれる)) di permukaan (面) , pasti RIBET (面倒くさい) buat bangun lagi.